Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Program Artikel Utama

Kenali Verifikasi Biru Kompasiana

14 Oktober 2014   04:11 Diperbarui: 7 November 2018   12:05 8 45 26
Kenali Verifikasi Biru Kompasiana
Ilustrasi: Kompasiana.com

Setelah memberlakukan fitur Verifikasi Akun yang ditandai dengan ikon centang warna hijau (validasi), Kompasiana mulai mekanisme verifikasi konten yang setingkat lebih tinggi dibandingkan verifikasi akun.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu tentang Verifikasi Hijau Berubah Menjadi Validasi

Verifikasi konten ditandai dengan ikon centang warna biru (verifikasi). Verifikasi ini dibuat untuk memverifikasi seorang Kompasianer berdasarkan konten yang dibuat. Bukan berdasarkan data diri yang bersifat administratif.

Kompasianer yang mendapatkan label verifikasi adalah mereka yang artikel-artikelnya tidak diragukan lagi isinya. Bukan hanya karena keaktifannya dalam menulis di satu bidang atau tema, tapi juga semangatnya dalam menyuguhkan artikel berkualitas kepada para pembaca. Walhasil, setiap kali si Kompasianer menayangkan artikel baru, pembaca langsung mengingatnya sebagai Kompasianer yang memiliki perhatian pada bidang tertentu atau Kompasianer yang konsisten dalam berbagi hal-hal positif, menarik, dan bermanfaat lewat artikel dan ragam konten lainnya.

Kompasianer seperti inilah yang mendapatkan tanda verifikasi.

Harapan Kompasiana selaku pengelola kami dapat menjaring Penulis berkualitas yang memiliki passion berbagi konten positif di Kompasiana, meningkatkan jumlah Penulis yang memiliki konten kredibel di mata pembaca, sekaligus meningkatkan jumlah Penulis yang mau menunjukkan jadi dirinya dan bertanggung jawab atas setiap tulisannya di Kompasiana.

Dengan adanya tanda tersebut, pembaca dapat dengan mudah mengasosiasikan sebuah artikel dengan penulisnya, ataupun menebak isi sebuah artikel yang sejalan dengan artikel-artikel yang pernah dia buat sebelumnya. Pembaca juga akan merasa nyaman menikmati konten dari Kompasianer Terverifikasi Biru karena sudah memaklumi kredibilitas penulisnya.

Mekanisme Verifikasi Biru

Secara berkala, Kompasiana akan mencari dan memverifikasi konten sebuah akun dengan cara mengecek artikel-artikel yang sudah ditayangkan di halaman profilnya.

Tapi, untuk bisa diverifikasi kontennya, setiap Kompasianer wajib terlebih dahulu memverifikasi akunnya dengan cara membuka halaman profil lalu klik fitur pengaturan, lalu akan muncul dua opsi turunan yakni profill dan data pribadi. Isi keduanya sesuai keterangan yang ada di tiap kolom.

Artinya, bila ingin mendapatkan tanda centang biru alias verifikasi, Kompasianer harus terlebih dahulu mendapatkan tanda centang hijau alias validasi. Karena akun  yang belum terverifikasi mustahil bisa diverifikasi kontennya.

Secara berkala, tim Kompasiana mencari dan memeriksa konten-konten pada sebuah Akun tervalidasi untuk dicalonkan mendapatkan status verifikasi, dan hasil dari pencalonan Vverifikasi diputuskan lewat rapat mingguan yang melibatkan seluruh tim Kompasiana.

(KEV/JET)