Mohon tunggu...
William Giovanni
William Giovanni Mohon Tunggu... Penulis - Financial Services and Tech Enthusiast

| Financial Services and Tech Enthusiast | Investor Saham dan SBN Ritel (yang Masih Belajar) |

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Menggunakan Bus Listrik, Langkah Kecil Mewujudkan Net-Zero Emissions 2060

21 Oktober 2021   20:40 Diperbarui: 21 Oktober 2021   21:16 127 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mencoba Bus Listrik untuk Mewujudkan Net-Zero Emissions 2060/Dokpri

Pada suatu siang, udara terasa begitu panas. Terasa lebih panas dari biasanya. Saya mengibaskan lembaran katalog belanja supermarket. Duduk dengan sabar di sebuah halte, menantikan kedatangan Bus Listrik Transjakarta. Waktu berlalu selama tiga puluh menit, akhirnya bus yang nantikan berhenti juga di halte.

Betapa takjubnya saya, pengalaman pertama kalinya masuk ke dalam bus listrik. Melihat ke berbagai sudut dalam bus. Saya tersadar, saat diminta oleh petugas untuk menempelkan kartu pada mesin Tap On Bus. Lalu, saya segera mencari kursi kosong dan duduk manis. Perlahan-lahan bus bergerak menjauhi halte. Saya merasakan suasana berbeda, terdengar suara mesin dari bus listrik, begitu halus dan nikmat untuk didengarkan. 

Suasana di dalam Bus Listrik/Dokpri
Suasana di dalam Bus Listrik/Dokpri

Hadirnya bus listrik Transjakarta, merupakan sebuah hal yang patut kita syukuri. Adanya ketersediaan transportasi umum dengan energi yang lebih ramah lingkungan. Namun, tidak mengurangi fungsi dasar sebagai sarana transportasi. Justru memberikan nilai tambah, suara mesin yang lebih halus.

Bus listrik Transjakarta beroperasional dengan rute Blok M-Balai Kota. Setiap hari, pukul 08.00-20.00. Jika sedang bepergian di seputaran daerah Blok M-Balai Kota. Tidak ada salahnya, mencoba menggunakan bus listrik Transjakarta.

Bus listrik Transjakarta menggunakan sumber energi, berbasis baterai yang ramah lingkungan. Rencananya secara bertahap armada bus Transjakarta konvensional, nantinya akan beralih ke bus listrik.

Merupakan bagian program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBBB) untuk mewujudkan Net-Zero Emmission pada 2050. Tentunya dalam mewujudkan Net-Zero Emmission, kita sebagai bagian dari masyarakat perlu turut berkontribusi dalam program pemerintah.

Kita bisa mulai menggunakan transportasi umum, terlebih khususnya bus listrik. Ternyata kita sebagai masyarakat sudah turut dalam mengurangi polusi. Jika belum bisa pada hari kerja, tidak ada salahnya mencoba pada akhir pekan dulu.

Berkenalan dengan Emisi Karbon 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan