Mohon tunggu...
KKN Tematik Kelompok 93 UPNVJT
KKN Tematik Kelompok 93 UPNVJT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur

Kelompok 93 KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur ditugaskan pada skema Desa Wisata yang bertempat di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok ini adalah Ibu Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sinergi KKN 93 UPNVJT dan Warga Lokal dalam Membangun Jembatan Grojogan Asmoro

26 Juni 2022   13:07 Diperbarui: 26 Juni 2022   13:35 99 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama mahasiswa KKN Kelompok 93 UPN "Veteran" Jawa Timur di jembatan Grojogan Asmoro. (Sumber: Dokumen Pribadi) 

Jumat, 17 Juni 2022 - Air terjun merupakan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan asri dan menyejukkan. Air terjun biasanya terletak di daerah pegunungan, dengan hilir sungai yang  tinggi dan memiliki pembatas tebing sehingga penghujung airnya menjadi jatuh ke bawah.

Lokasi air terjun memiliki karakteristik yang beragam tergantung wilayah yang terdapat air terjun. Akses jalan untuk menuju air terjun juga sesuai dengan wilayahnya, ada yang mudah dan juga yang sulit. Dalam hal ini akses juga mempengaruhi seberapa menariknya wisata air terjun yang akan dikunjungi.

Dalam Provinsi Jawa Timur sendiri terdapat banyak air terjun yang bisa kunjungi, dari yang landai hingga tinggi sekali. Seperti halnya yang ada di Dusun Tegalrejo, Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Di dusun ini terdapat wisata air terjun yang memiliki akses jalan yang sangat menarik.

Dengan jarak kurang lebih 1 km dari rumah warga terakhir dan akses jalan yang menanjak, air terjun ini sangatlah cocok untuk para wisatawan yang memiliki hobi tracking dan mendaki gunung. 

Akses jalannya yang cukup menantang dan memiliki pemandangan bukit-bukit sekitarnya menjadikan value tersendiri yang menyenangkan. Ditambah lagi dengan plang petunjuk arah yang telah dipasang oleh Mahasiswa KKN 93 UPN "VETERAN" JAWA TIMUR yang sangat memudahkan wisatawan dalam menuju Air Terjun.

Air terjun yang bernama Grojogan Asmoro ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan memiliki lekuk di tengah-tengah bebatuan. Akses jalannya hanya bisa dilalui oleh motor yang telah dimodifikiasi khusus untuk menanjak bukit atau bisa juga dengan berjalan kaki. 

Dalam perjalanan, kita akan melalui beberapa kandang hewan ternak milik warga lokal. Wisata Grojogan Asmoro ini termasuk menjadi wisata Air terjun yang masih 'perawan' yang bermaksud bahwa wisata ini masih sedikit wisatawan yang mengunjungi sehingga masih sangat asri dan alami.

Gotong royong pemuda karang taruna bersama mahasiswa KKN Kelompok 93 UPN
Gotong royong pemuda karang taruna bersama mahasiswa KKN Kelompok 93 UPN "Veteran" Jawa Timur. (Sumber: Dokumen Pribadi)
Untuk mempermudah akses melintasi hilir sungai  dan untuk mempercantik air terjunnya, Mahasiswa KKN 93 UPN "VETERAN" JAWA TIMUR berinovasi untuk membangun jembatan. Jembatan yang dibangun berbahan bambu apus, bambu betung, paku, kawat dan karet ban. Bambu yang digunakan didapatkan dari kebun di dekat area air terjun.

Pembangunan jembatan ini dibantu oleh pemuda karang taruna desa dengan sebanyak 6 orang sehingga mahasiswa bergotong royong untuk saling membantu dalam pembuatan jembatan. Pembuatan jembatan ini berlangsung dalam sehari dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga selesai pukul 15.30 WIB. 

Foto bersama pemuda karang taruna setelah jembatan telah dibangun. (Sumber: Dokumen Pribadi)
Foto bersama pemuda karang taruna setelah jembatan telah dibangun. (Sumber: Dokumen Pribadi)
Dengan adanya petunjuk jalan dan juga jembatan, diharapkan para wisatawan tidak kesulitan untuk mengakses dan menikmati pesona wisata air terjun Grojogan Asmoro.

Jombang, 26 Juni 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan