Mohon tunggu...
Khoirul Taqwim
Khoirul Taqwim Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

Peneliti Tentang Kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Patung

17 April 2023   05:16 Diperbarui: 17 April 2023   06:27 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com


Jika mereka para hartawan
Bisa membanggakan harta yang dimiliki
Namun bagiku tak ada yang dibanggakan
Karena aku bukan seorang hartawan dengan limpahan harta yang melimpah

Jika mereka bisa membanggakan tahta yang dimiliki
Namun tidak aku yang tak punya tahta
Kecuali seonggok dosa yang menyelimuti jiwaku

Jika mereka bisa membanggakan diri
Mereka punya segala kesempurnaan di dunia
Namun tidak aku yang hanya punya kekurangan dalam kesempurnaan
Aku hanya seonggok dosa yang berlumur di tubuh dan nafas
Karena aku maha kekurangan dari segala kuasa
Kecuali Dia Tuhan sang maha pemilik sempurna

Jika mereka bisa memutarbalikkan sebuah kebenaran
Karena harta dan kuasa dalam genggaman tangan mereka
Tidak seperti aku hukum begitu tajam kepadaku
Karena hukum tunduk akan kuasa dan harta
Merekalah para pemenang di dunia
Sedangkan aku kaum lemah
Menjadi bulan-bulanan di setiap gerak langkah
Menuju jiwaku yang terbelenggu di setiap detak nafasku

Harta dan kuasa
Mereka membanggakan diri
Hukum dan kedaulatan dunia dalam genggaman nafas mereka
Aku orang fakir menjadi mainan mereka
Aku selaksa patung yang siap dipindahkan
Kapan dan dimana dari pemilik sang tuannya
Bahkan dihancurkan sekalipun
Karena aku selaksa patung yang tak mampu bergerak
Hanya kepatuhan yang kumiliki
Karena mereka para kuasa harta dan tahta
Pemilik kemenangan di segala aspek kehidupan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun