Mohon tunggu...
Kevin AdityaPutra
Kevin AdityaPutra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Anak baik-baik

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jurnalisme Online dan Multimedia, Apa Bedanya?

14 September 2020   22:48 Diperbarui: 22 September 2020   16:01 38 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurnalisme Online dan Multimedia, Apa Bedanya?
https://www.facebook.com/pages/category/Journalist/Online-Journalism-103627847717106/

Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi segala aspek di dalam kehidupan manusia, termasuk lahrinya jurnalisme online dan multimedia yang muncul berkat adanya internet. Tetapi jurnalisme online dan multimedia adalah dua hal yang berbeda.

Jurnalisme Online

Menurut Widodo (2020) Jurnalisme online adalah laporan jurnalistik dengan menggunakan teknologi internet, informasi yang disajikan dapat diakses dengan cepat dan mudah.

Jurnalisme online merupakan jurnalisme kontekstual yang mengintegrasikan tiga fitur, yaitu kemampuan multimedia berdasarkan platform digital, kualitas interaktif dalam komunikasi online, dan fitur-fitur yang didatanya.

Menurut Dueze (dalam Widodo, 2020) Jurnalisme online mempunyai empat jenis, yaitu:

  • Mainstream News Sites: Situs ini menawarkan pilihan editorial content, baik yang disediakan oleh media induk yang terhubung (linked) atau yang diproduksi untuk versi web. Contoh: CNN, BBC, Detik.com
  • Index and Category Sites: Jenis jurnalisme ini sering dikaitkan dengan mesin pencari (seperti Google, Bing, atau Yahoo), perusahaan riset pemasaran (seperti Moreover) atau agensi (Newsindex). Situs-situs kadang menawarkan ruang untuk chatting untuk publik.
  • Meta and Comment Sites: Situs ini tentang media berita dan isu-isu media secara umum. Kadang-kadnag dimaksudkan sebagai pengawas media
  • Share and Discussion Sites: Situs-situs ini mengeksploitasi tuntutan publik bagi konektivitas, dengan cara menyediakan sebuah tempat untuk mendiskusikan berbagai macam konten yang tersebar di internet  (Seperti Reddit dan Kaskus)

https://www.pngdownload.id/png-opvurd/
https://www.pngdownload.id/png-opvurd/

Kaskus.com
Kaskus.com

Jurnalisme Multimedia

Belum ada kesepakatan di antara para jurnalis  mengenai definisi  dari multimedia menurut McAdamas (dalam Widodo, 2020).  Tetapi multimedia mempunyai arti banyak media. Media yang dimaksud terdiri dari teks, foto, vidio, audio, gambar dan lain-lain.

Suatu konten dapat disebut sebagai Konten Multimedia jika dia mempunyai kombinasi minimal tiga jenis media. Koran dan televisi tidak disebut multimedia karena koran terdiri teks dan foto, sedangkan televisi hanya ada audio dan vidio (McAdams dalam Widodo, 2020).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN