Mohon tunggu...
Karmila
Karmila Mohon Tunggu... UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Karmila/Mahasiswi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN SGD Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Konsep Manajemen Pendidikan Islam Global/Internasional

7 April 2025   20:45 Diperbarui: 7 April 2025   20:42 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

oleh Karmila

Mahasiswa S1 MPI Kelas VI C UIN SGD Bandung 

Ditengah arus globalisasi, pendidikan Islam dituntut untuk tetap relevan dan adaptif tanpa kehilangan nilai-nilai keislamannya. Namun, manajemen pendidikan Islam sering kali masih bersifat lokal dan belum terintegrasi dengan wawasan global. Hal ini menciptakan kesenjangan antara nilai-nilai Islam dan tuntutan dunia internasional. Esai ini bertujuan untuk mengulas pengembangan konsep manajemen pendidikan Islam yang berlandaskan wahyu namun mampu menjawab tantangan global melalui pendekatan karakteristik, prinsip, aspek, dan dimensi manajemen yang holistik dan kontekstual.

Pertama : Karakteristik Manajemen Pendidikan Islam; Manajemen Pendidikan Islam berlandaskan Al-Qur'an dan Hadits, dengan ciri khas teologis, rasional, empiris, dan teoretis. Coraknya theantroposentris, menyeimbangkan hubungan dengan Allah dan sesama manusia. Bersifat emansipatoris dan transformatif, manajemen ini bertujuan membebaskan dari keterpasungan serta mengubah pola negatif menjadi positif. Fokus utamanya adalah pembentukan kepribadian muslim yang berkualitas, dengan keberhasilan yang diukur melalui integrasi iman, intelektual, amal, dan akhlak.

Kedua : Prinsip-prinsip Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam; Prinsip-prinsip pengembangan manajemen pendidikan Islam meliputi iman dan akhlak sebagai dasar spiritual, musyawarah dalam pengambilan keputusan, serta keadilan dan persamaan tanpa bias. Pembagian kerja dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, didukung oleh pemanfaatan fungsi manajemen yang tepat. Pergaulan yang baik mendorong komunikasi efektif, dan semua dilakukan dengan keikhlasan demi pengabdian kepada Allah.

Ketiga : Aspek-aspek Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam; Mencerminkan perpaduan antara nilai wahyu dan budaya dalam membentuk sistem yang khas dan menyeluruh. Dasar utamanya sandaran teologis, rasional, empiris, dan teoretis. Sandaran teologis berasal dari teks-teks wahyu seperti Al-Qur'an dan hadis sahih yang menjadi acuan utama dalam merumuskan kaidah manajemen. Sandaran rasional berpijak pada pemikiran logis dari perkataan sahabat Nabi, ulama, dan cendekiawan muslim. Sandaran empiris melihat pada perkembangan lembaga pendidikan Islam dan kultur komunitasnya sebagai sumber data nyata dan pengalaman strategis. Sandaran teoretis melibatkan kaidah manajemen pendidikan umum yang telah teruji. Keempat sandaran ini saling melengkapi dalam membentuk konsep manajemen pendidikan Islam yang tidak hanya sesuai nilai-nilai keislaman, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan global.

Keempat : Dimensi-dimensi Manajemen Pendidikan Islam; Dimensi manajemen pendidikan Islam mencakup ranah informal, nonformal, dan formal, meliputi pendidikan agama dalam keluarga, pengajian masyarakat, pesantren, madrasah, sekolah umum dan tinggi, serta pembinaan agama di lembaga non-pendidikan seperti panti, kantor, dan rumah sakit. 

Pengembangan manajemen pendidikan Islam berwawasan global harus mengintegrasikan nilai wahyu, rasionalitas, pengalaman empiris, dan teori manajemen modern. Dengan karakteristik yang transformatif dan prinsip yang berbasis iman, keadilan, serta musyawarah, manajemen ini mampu menjawab tantangan zaman sekaligus membentuk kepribadian muslim yang unggul dalam skala lokal maupun internasional.

*)Tulisan ini, disarikan dari Bahan Ajar Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Internasional Part 5, Pengembangan Konsep Manajemen Pendidikan Islam Berwawasan Global/Internasional. Dosen Pengampu :Prof. Dr. H. A. Rusdiana, M. M.

Karmila lahir di Bandung tanggal 21 September 2003 merupakan anak sulung dari pasangan Bapak Hendar Suhendar dan Ibu Ai Karwati. Alamat tempat tinggal Babakan Desa RT05/RW01 Kecamatan Cibiru Kelurahan Pasir Biru, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia 40615. No Handphone : 0895373608829 Email : rkarmila8@gmail.com

Pendidikan : Sekolah Dasar/SDN Cibiru 4 lulus tahun 2016, Sekolah Menengah Pertama/SMPN 46 Bandung lulus tahun2019 ,Sekolah Menengah Atas/SMAN 1 Cileunyi Lulus tahun 2022 dan sekarang Kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.

Motivasi masuk UIN SGD Jurusan MPI : Saya memiliki minat yang besar dalam pengelolaan dan pengembangan sistem pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Dengan mengambil jurusan Manajemen Pendidikan Islam, saya ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan, menciptakan strategi manajerial yang efektif, serta membangun lingkungan pendidikan yang lebih baik dan berdaya saing. Moto: Belajar, Berjuang, dan Berkontribusi untuk Kebaikan. 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun