Mohon tunggu...
Kamaruddin
Kamaruddin Mohon Tunggu... Jurnalis - Mengingat bersama dengan cara menulis

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Transisi Energi Terbarukan Menuju Indonesia Net Zero Emissions

18 Oktober 2021   08:39 Diperbarui: 18 Oktober 2021   08:43 127 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi energi terbarukan (Istimewa)

Negara Republik Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah ruah untuk dapat diolah sebagai sumber energi terbarukan, akan tetapi pembangunan energi terbarukan sebagai sumber energi sehari-hari belum menjadi prioritas, padahal potensi energi terbarukan di Indonesia mencapai 432 gigawatt.

Untuk itu, tentukan masa depan Indonesia dengan transisi energi mulai dari sekarang. Indonesia harus memulai untuk mengakselerasi transisi energi (energi terbarukan) untuk menuju Indonesia Net-Zero Emissions.

Sampai dengan tahun 2019, lebih dari 90 persen pasokan energi primer di Indonesia berasal dari minyak bumi, batu bara, dan gas. Sementara itu, hanya sekitar delapan persen bersumber dari energi terbarukan.

Di sektor kelistrikan saja lebih dari 85 persen pasokan listrik di Indonesia pasti berasal dari energi fosil, padahal Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang mencapai 432 gigawatt atau delapan kali dari total kapasitas pembangkit terpasang saat ini. Namun, hanya 10,3 gigawatt energi terbarukan yang sudah dimanfaatkan secara komersial hingga saat ini.

Tren global terhadap energi terbarukan terus meningkat dan tumbuh secara signifikan dalam satu dekade terakhir. Namun di Indonesia, rata-rata laju penambahan kapasitas terpasang energi terbarukan dalam satu dekade terakhir hanya di kisaran 334 megawatt per tahun.

Berbeda dengan negara Vietnam, mereka laju penambahannya mencapai 1745 megawatt per tahun. Negeri kita masih sangat jauh tertinggal dengan Vietnam. Maka, kini saatnya kita bersinergi untuk masa depan menuju Indonesia Net-Zero Emissions.

Mengapa Indonesia harus memulai untuk mengakselerasi transisi energi terbarukan sekarang?

Biaya Pembangkitan

"Keekonomian energi terbarukan yang semakin kompetitif." 

Tren global membuktikan biaya pembangkitan energi listrik dari energi terbarukan semakin kompetitif.

Trend global pembangkitan energi listrik (Istimewa)
Trend global pembangkitan energi listrik (Istimewa)

Teknologi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan