Mohon tunggu...
Junaidi Khab
Junaidi Khab Mohon Tunggu...

Junaidi Khab lulusan Sastra Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Candi Tertua di Yogyakarta

28 Agustus 2018   23:17 Diperbarui: 29 Agustus 2018   00:01 646 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Candi Tertua di Yogyakarta
Dok. Pribadi Junaidi Khab

Masyarakat tentu tak banyak yang tahu tentang candi tertua yang ada di Yogyakarta. Yogyakarta dikenal sebagai bumi Canndi Borobudur yang lokasinya berada di Mageleng. Secara teritori, seharusnya Candi Borobudur tak identik dengan Yogyakarta, tapi Magelang.

Sebelumnya saja, aku juga tak tahu asal-usul keberadaan candi-candi yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Apalagi tentang usianya, ternyata candi tertua yang ada di Yogyakarta tak begitu terkenal, tapi sepertinya memang sangat khas karena faktor usianya yang paling tua.

Pada suatu kesempatan, ketika aku bermain ke kontrakan teman, di daerah kecamatan Kalasan Yogyakarta, kebetulan dekat dengan sebuah candi kecil. Inisiatif untuk mengunjungi candi kecil itu pun membara. Aku pun mengajak teman yang punya kamera DLSR agar nanti ada yang mengabadikannya dengan kualitas yang bagus. Candi pertama yang kukunjungi di Kalasan, yaitu Candi Sari.

Setelah ke Candi Sari, aku melanjutkan lagi pada salah satu candi di seberang jalan. Itu karena mendapat rekomendasi dari teman yang saat itu juga ikut berkunjung ke Candi Sari. Candi kedua di Kalasan yang kukunjungi ini disebut Candi Kalasan.

Setelah ku-upload ke media sosial, aku baru tahu dari komentar teman bahwa Candi Kalasan merupakan candi tertua yang ada di Yogyakarta. Sebutan lain untuk Candi Kalasan (karena berada di daerah Kalasan), candi ini juga disebut Candi Tara, karena candi itu digunakan untuk memuja Dewi Tara pada masanya.

Yogyakarta, 28 Agustus 2018

VIDEO PILIHAN