Mohon tunggu...
Yuniarto Hendy
Yuniarto Hendy Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis Lepas di China Report ASEAN

Youtube: Hendy Yuniarto

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Reuni

15 Maret 2021   18:29 Diperbarui: 15 Maret 2021   18:48 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Selesai kujelaskan pada teman-temanku bagaimana ku akan menjalani hidupku, yang mungkin tak sesuai dengan permintaan dan standar sosial. Namun apakah hidup harus mengikuti tuntutan standar sosial itu, kurasa setiap individu bebas menentukannya, tak dibatasi pada anggapan seseorang atau kelompoknya.

Tentu ada yang merespon baik dan ada yang tak begitu setuju, namun bagiku itu tak menjadi persoalan yang penting. Ketika apa yang dilakukannya nyaman dan berguna untuk orang banyak, maka lakukanlah. Begitulah percakapan singkat dengan teman-teman sekolahku. Kulanjutkan dengan menyantap es krim putar rasa durian untuk melegakan tenggorokan. Tidak lupa beberapa gelas es buah yang menyegarkan di saat terik menyengat.

Kami kembali bersendau gurau bersama, menceritakan kelucuan, kebodohan, keluguan kami ketika masih bersekolah dulu. Kami juga tak lupa saling bertanya kabar guru kita masing-masing, khususnya guru yang paling galak adalah yang paling diingat.

Tibalah bagi kami untuk berpamitan, berpisah. Setidaknya untuk sementara waktu. Tapi bagiku mungkin butuh beberapa tahun lagi akan bertemu. Aku harus kembali ke perantauan, menyelesaikan tugas serta pekerjaanku. Foto reuni kusimpan baik-baik. Saatnya kupulang. Mengendarai sepeda motor lawas melewati persawahan. Jalanan pulang ke rumah ini akan selalu kuingat, begitu pula dengan reuni sekolah berikutnya yang kunantikan.    

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun