Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Update Teknologi: Telepon untuk Orang dengan Gangguan Pendengaran

23 Agustus 2021   13:12 Diperbarui: 23 Agustus 2021   15:28 145 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Telepon Hamilton CapTel. Sumber: https://hamiltoncaptel.com/img/content/captel-phones/features.jpg

Beberapa tahun yang lalu, terakhir kali saya menelepon ke Dagny Burnell, istri Ivan Burnell di Center Ossipee, New Hampshire, AS (lihat beberapa artikel saya sebelumnya), Dagny baru beberapa bulan sebelumnya memasang sendi panggul buatan, dan mengalami gangguan pendengaran, sehingga dia harus menggunakan alat bantu dengar.

Dalam majalah Air and Space, Vol. 34, No. 3, terbitan Agustus 2019, hlm. 75 terdapat sebuah informasi tentang solusi bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran, yang ditawarkan oleh perusahaan Nedelco, Inc. yang melakukan bisnis dengan nama Hamilton Telecommunications.

Bagi orang dengan gangguan pendengaran, mendengar di telepon mungkin menjadi sumber frustrasi, tetapi itu bisa diatasi dengan telepon teks, dengan teknologi yang sudah dikembangkan selama 1 dekade terakhir, dan tersedia dalam beberapa pilihan.

Telepon Hamilton CapTel didedikasikan untuk membuat percakapan telepon menjadi sederhana dan bisa diakses oleh orang dengan gangguan pendengaran.

Telepon CapTel lebih dari sekadar sebuah telepon yang diamplifikasi. Telepon ini memungkinkan orang dengan gangguan pendengaran mendengarkan sambil membaca teks dari ucapannya, mirip dengan teks di televisi.

Telepon CapTel  ini sempurna bahkan untuk percakapan paling penting di rumah maupun di kantor. Jadi, Telepon CapTel bisa mengubah percakapan telepon menjadi teks yang mudah dibaca.

Orang dengan gangguan pendengaran tidak perlu lagi merasa kecil hati ketika mendengar telepon berdering dan juga tidak perlu lagi menghindari menggunakan telepon.

Bagi orang dengan gangguan pendengaran di Amerika Serikat, percakapan telepon yang pernah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari telah menjadi sesuatu dari masa lalu, karena mereka tidak bisa memahami apa yang dikatakan kepada mereka di telepon, sehingga mereka sering terputus dari teman, keluarga, dokter, maupun pengasuh mereka. Sekarang, berkat teknologi inovatif dari Hamilton Communications, akhirnya ada cara yang lebih baik.

Ini adalah sebuah gagasan sederhana yang dimungkinkan dengan adanya teknologi yang canggih. Jika orang-orang dengan gangguan pendengaran mengalami kesulitan memahami panggilan telepon, maka telepon dengan teks ini bisa mengubah hidup mereka.

Selama panggilan telepon, kata-kata yang diucapkan muncul di layar telepon. Jadi, saat  melakukan atau menerima panggilan, kata-kata yang diucapkan kepada orang dengan gangguan pendengaran tidak hanya diamplifikasi oleh telepon, tetapi juga bergulir di layar telepon sehingga bisa dibaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan