Mohon tunggu...
Anggoro Abiyyu Ristio Cahyo
Anggoro Abiyyu Ristio Cahyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pengamat

Follow our Ig: @anggoroabiyyu

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Masa Depan Teknologi dengan Kehangatan Tradisi

15 Maret 2024   07:07 Diperbarui: 15 Maret 2024   07:35 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: @anggoroabiyyu

Di tengah deru revolusi teknologi yang tak terbendung, kita berdiri di persimpangan jalan antara masa depan dan warisan masa lalu. Teknologi, dengan segala kemegahannya, telah meredefinisi cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi. Namun, dalam hiruk-pikuk kemajuan tersebut, seringkali kita lupa akan kehangatan dan kebijaksanaan yang ditawarkan oleh tradisi. 

Pertama-tama, penting untuk mengakui bahwa teknologi dan tradisi bukanlah entitas yang berlawanan. Keduanya dapat dan seharusnya berjalan beriringan, saling melengkapi satu sama lain. Teknologi dapat menjadi alat yang ampuh untuk melestarikan dan mempromosikan tradisi. Misalnya, penggunaan media digital untuk mendokumentasikan dan menyebarkan seni tradisional dan cerita rakyat, memungkinkan warisan budaya kita untuk diakses oleh generasi mendatang.

Di sisi lain, tradisi memberi kita fondasi dan nilai-nilai yang tidak berubah di tengah perubahan zaman. Dalam dunia yang serba cepat dan terkadang terasa impersonal karena teknologi, tradisi mengingatkan kita pada pentingnya komunitas, kerendahan hati, dan kebersamaan. Ini adalah nilai-nilai yang tidak boleh kita tinggalkan saat kita melangkah maju.

Mengadopsi teknologi baru tidak berarti kita harus menolak cara-cara lama. Sebaliknya, kita dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan dan memperkaya praktik tradisional. Contohnya, pertanian cerdas menggunakan IoT (Internet of Things) yang dapat membantu petani memonitor kondisi tanah dan cuaca, memungkinkan mereka untuk bercocok tanam dengan lebih efisien tanpa mengabaikan metode tradisional yang telah terbukti efektif selama berabad-abad.

Lebih jauh, pendidikan dan pembelajaran tentang teknologi harus diintegrasikan dengan apresiasi terhadap sejarah dan tradisi. Dengan menggabungkan keduanya, kita dapat menciptakan generasi yang tidak hanya mahir dalam teknologi tetapi juga menghargai dan memahami pentingnya mempertahankan identitas budaya kita.

Kesimpulannya, dalam perjalanan kita menuju masa depan, mari kita tidak melupakan akar kita. Kita harus memeluk teknologi dengan satu tangan, sementara tangan lainnya tetap erat memegang tradisi. Dengan cara ini, kita dapat menciptakan masa depan yang tidak hanya canggih dan inovatif tetapi juga hangat dan kaya dengan warisan budaya. Mari kita bangun masa depan dimana teknologi dan tradisi berdampingan dalam harmoni, memperkaya kehidupan kita dengan cara yang berarti dan berkelanjutan.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun