Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Buat Model Planet Sendiri, Siap?

4 Mei 2021   08:00 Diperbarui: 4 Mei 2021   10:03 97 3 0 Mohon Tunggu...

Model Planet Sederhana.

Dalam artikel saya sebelum ini, kira-kira sejam yang lalu, yaitu: Mengasyikkan, Bermain di Alam 3D Kreasi Sendiri, Anda bisa menyaksikan betapa mudahnya membuat sebuah BOLA.

Terus, mau dikembangkan ke mana lagi imajinasi kita? Tiada batas dalam keterbatasan otak kita. Lihat artikel saya: Mulut dan Perut yang Tak Pernah Tidak Relevan.

Saya sebenarnya sudah hendak beristirahat tidur, tetapi saya terdorong untuk bersemangat membuat 1 artikel lagi tentang alam 3D imajinatif ini dan membagikannya kepada Anda.

Jika imajinasi untuk memvisualisasikan sebuah bola hanya dengan rumus sederhana, jumlah kuadrat 3 variabel sama dengan konstanta manasuka, lantas kenapa tidak memperlebar sedikit imajinasi itu dan membuat........... model planet? Ya, model planet.

Apa yang dibutuhkan? Ya rumus bola tadi. Terus bagaimana membuat model planetnya? Gabungkan beberapa bola dari ukuran yang berbeda-beda dan jarak yang berbeda-beda pula.

Tentunya model ini akan sangat dibatasi oleh ruang yang bisa kita gunakan, jadi di sini saya berikan hanya model 3 planet, dimulai dengan bumi. Aplikasi yang digunakan sama seperti yang sudah-sudah, yaitu GeoGebra 3D dan Screen Recorder, keduanya versi Android. Rumus yang saya gunakan adalah manasuka, lihat di Gambar Judul.


Model Planet Sederhana.

Mudah-mudahan "game" ini memberikan semangat bagi Anda untuk mengeksplorasi grafik 3D lainnya dan terus mengembangkan kreasi imajinatif Anda itu.

Selamat mencoba.

Jonggol, 4 Mei 2021

Johan Japardi

VIDEO PILIHAN