Mohon tunggu...
Jantje Laimeheriwa
Jantje Laimeheriwa Mohon Tunggu... Jantje Laimeheriwa

Jadilah orang yang berempati

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mama Sarah dan Bukit Jokowi di Skylen Jayapura

22 April 2021   19:59 Diperbarui: 22 April 2021   20:03 97 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mama Sarah dan Bukit Jokowi di Skylen Jayapura
Sumber : Dokumen Pribadi

Mama Sarah nama lengkapnya Mama Sarah Korwa adalah penduduk Kota Jayapura pemilik tempat wisata dan spot photo Bukit Jokowi. Bukit Jokowi merupakan salah satu tempat wisata dan spot photo di Kota Jayapura Provinsi Papua.

Tempat Wisata dan Spot Photo Bukit Jokowi berlokasi di perbukitan Skylen diantara Distrik Jayapura Selatan dan Distrik Abepura Kota Jayapura.

Cerita tentang penamaan dan pengabadian tempat wisata dengan nama Jokowi,  Presiden Indonesia menurut Mama Sarah yang di publis oleh media Suara Papua karena Bapak Jokowi pernah datang ketempat tersebut karena beliau Presiden kita, beliau Presiden yang baik dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami ungkap Mama Sarah. 

Kedatangan Bapak Presiden Joko Widodo ke tempat Mama Sarah pada akhir Bulan Desember Tahun 2014 untuk melaunching dan pengguntingan pita rencana pembangunan Jembatan Youtefa. 

Saat itu Presiden merencanakan akan berkunjung ke Papua khususnya Jayapura untuk melaunching rencana pembangunan Jembatan Youtefa sehingga beliau berkeinginan mencari tempat yang strategis untuk dapat melihat dan mengambil photo lokasi rencana pembangunan Jembatan Youtefa (Jembatan Merah), dan pilihan tempatnya jatuh pada tempat milik Mama Sarah di perbukitan Skylen. 

Jembatan Youtefa atau Jembatan Merah sekarang berdiri megah yang menghubungkan Kota Jayapura dan Distrik Muara Tami berawal dari kehadiran Presiden Joko Widodo ditempatnya Mama Sarah yang sekarang dikenal dengan nama Bukit Jokowi.

Cerita sebelum kekunjungan Presiden Joko Widodo, Mama Sarah dan keluarga setuju penggunaan tempat tersebut untuk kedatangan Bapak Presiden sehingga harus dibersihkan dan dipersiapkan karena masih berupa hutan dan ditumbuhi rerumputan.  

Dari semua peristiwa yang terjadi lalu terinspirasi oleh Mama Sarah akan nama besar Joko Widodo Presiden Indonesia maka pada tahun 2015 Mama Sarah dan keluarga memulai usaha pertama dengan hanya photo photo dengan nama tempat Bukit Jokowi. Ternyata tempat tersebut mulai viral di medsos sehingga banyak orang mulai berkunjung  pada setiap harinya.  

Dari sinilah titik start Mama Sarah mulai berpikir untuk mengembangkan tempat tersebut sebagai tempat wisata dan spot photo dengan membangun sarana prasarana serta menyediakan makanan dan minuman ringan.

Rencana Mama Sarah dan keluarga untuk menjadikan tempat itu sebagai tempat wisata dan spot photo Bukit Jokowi memang terwujud dengan terbangunnya sarana dan prasarana serta tersedia makanan dan minuman ringan bagi pengunjung. Tersedianya makanan dan minuman ringan bagi pengunjung diantaranya kelapa muda, kopi, teh, pisang goreng, batatas goreng, singkong goreng dan lain sebagainya.

Luar biasa  jumlah pengunjung setiap harinya apalagi hari hari libur dalam kurun waktu 2015 sampai dengan 2019 tetapi ketika datang  pandemi covid 19 bulan Maret Tahun 2020 terjadi penurunan pengunjung dan harus diterima karena kondisi ini dialami oleh semua tempat usaha dan semua aspek kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN