Mohon tunggu...
Iswadi Suhari
Iswadi Suhari Mohon Tunggu... Penulis - Passion catcher

Penulis opini, buku, dan novel "Cintaku Setengah Agama"

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Sukses Hadapi "Competency Based Job Interview" dengan Metode STAR

21 Agustus 2021   20:23 Diperbarui: 23 Agustus 2021   10:26 643 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sukses Hadapi "Competency Based Job Interview" dengan Metode STAR
Ilustrasi interview kerja | Sumber: shutterstock via money.kompas.com

Lagi nungguin panggilan interview lamaran pekerjaan? Atau sedang menimbang-nimbang bekerja di luar negeri? 

Nah, zaman sekarang perusahaan baik itu swasta maupun lembaga dunia sudah menerapkan interview atau wawancara masuk kerja dengan sistem competency based interview

Metode ini semakin populer di perusahaan karena dianggap lebih bisa meng-assess atau menguji atau memperkirakan kemampuan si pelamar kerja.

Berbeda dengan wawancara kerja yang konvensional yang biasanya menanyakan hal apa yang akan dilakukan. Maka pada competency based interview, pewawancara akan meminta Anda untuk menceritakan hal-hal yang pernah Anda lakukan atau pernah Anda alami. 

Alasannya mengapa metode ini semakin populer adalah karena jika pertanyaan berupa kasus "Apa yang akan dilakukan jika...", maka si pelamar pekerjaan bisa berpikir dan berandai-andai serta bisa menceritatan hal yang terlihat sangat relevan dan menjajikan, padahal mungkin saja itu adalah hal yang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan oleh pencari kerja atau calon pegawai tersebut.

Berbeda pada competencey based interview atau wawancara kerja berbasis kompetensi, Anda akan ditanya pengalaman tentang hal-hal yang terkait dengan kompetensi yang dibutuhkan pada posisi pekerjaan yang Anda lamar.

Anda akan diminta untuk menceritakan pengalaman Anda saat melakukan hal yang mungkin akan juga dilakukan pada pekerjaan yang Anda lamar jika Anda diterima bekerja di lembaga atau di perusahaan tresebut.

Nah, pertanyaan yang diberikan mungkin merupakan pertanyaan yang sangat mudah Anda jawab di saat-saat biasa atau bukan dalam momen Anda ditanya dalam waktu yang terbatas. 

Namun jika Anda berada pada situasi sedang diuji dan tidak siap, maka Anda akan sulit mengingat dalam waktu yang cepat tentang pengalaman Anda yang bisa menunjukan Anda adalah orang yang sangat kompeten. 

Contohnya jika Anda diminta untuk menceritakan pengalaman Anda saat harus memimpin tim yang sulit diatur misalnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan