Mohon tunggu...
Istiqomatul Fitriyah
Istiqomatul Fitriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

allahumma yassir wala tu'assir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dampak Covid-19 terhadap Kondisi Sosial Budaya di Kota Malang dan Kebijakannya

23 Oktober 2021   20:58 Diperbarui: 23 Oktober 2021   21:25 219 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur menunjukan suatu perkembangan yang sangat pesat, walaupun beberapa waktu yang lalu permasalahan Covid-19 pernah menurun, tetapi masih saja peningkatan permasalahan Covid-19 tetap terjadi. Dari adanya pandemic Covid-19 ini, pastinya banyak menimbulkan dampak. 

Dampak tersebut juga akan bergerak ke beberapa bidang kehidupan penduduk. Baik pada bidang ekonomi, sosial budaya, sampai politik. Pada bidang sosial budaya dapat terlihat dari adanya perubahan sosial budaya pada penduduk khususnya di Kota Malang, contohnya yang dulunya senantiasa Bersama-sama dalam melaksanakan suatu aktivitas. 

Kini nilai budaya masyarakat mulai menurun, sebab minimnya interaksi atau sosialisasi antar msyarakat sejak diberlakukannya Physical distancing, sampai keadaan sosial masyarakat yang nyaris terpuruk akibat dari pengaruh PHK, minimnya akses wisatawan di Kota Malang yang berlangsung karena pemberlakuan hal tersebut, sampai terjadi penyusutan pendapatan masyarakat.

Tidak hanya dampak dari sosial budaya yang dialami penduduk Kota Malang tapi juga berdampak pada bidang perekonomian yang merupakan salah satu dampak terpenting penting. Faktanya, sejak adanya pandemic Covid-19 berlangsung di Kawasan internasional, sector perekonomian di berbagai negara yang terdampak juga menghadapi penyusutan. 

Begitu juga yang terjadi di Kota Malang, banyak warga yang kehilangan sumber pendapatannya, sebab banyak tenaga kerja yang di PHK oleh perusahaan ataupun para pedagang atau UKM yang kehilangan pelanggan karena masyarakat di imbau untuk berdiam diri di rumah. 

Hal tersebut tidak hanya mempengaruhi pada permasalahan sosial di Indonesia saja, akan tetapi juga memasuki persoalan-persoalan lain yang disebabkan pemberlakuan dari kebijakan tersebut. 

Di tinjau dari aspek sosial pasti jelas kalau setiap warga serta antar pihak lain jadi terbatas dalam hal bersosialisasinya. Berbagai kegiatan yang semulanya dilaksanakan secara teratur dan tatap muka, tiba-tiba ditiadakan, seluruh berbagai kegiatan yang tadinya telah direncanakan, seketika harus dibatalkan. 

Selain itu perusahaan yang telah menyediakan barang untuk di produksi, tiba-tiba harus ditutup dan karyawannya banyak di pekerjakan dari rumah dan sebagian di PHK.

Beberapa Dampak Sosial dan Budaya yang ditimbulkan di Kota Malang

Adapun beberapa dampak sosial budaya yang terjadi pada masyarakat Kota Malang yaitu:

  • Dampak sosial yang terjadi pada siswa/mahasiswa

Banyak dampak sosial yang dialami seperti: kesulitan melakuakn sekolah online karena keterbatasan dalam penguasan teknologi, kesulitan dlam mengerjakan atau mengakses tugas karena tidak semua anak mempunyai sarana prasarana yang mendukung pelajaran online, kurangnya pemahaman materi dalam belajar online, kesulitan untuk berinteraksi sosial untuk berkumpul dan bermain dengan teman.

  • Dampak sosial yang terjadi pada Orang tua/dewasa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan