Mohon tunggu...
Istin  Wigati
Istin Wigati Mohon Tunggu... Guru - semangaat

ajining diri saka lathi,ajining raga saka busana,

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menanamkan Karakter Kejujuran dalam Pembelajaran Daring

21 Oktober 2020   21:55 Diperbarui: 28 Mei 2021   12:20 1897
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menanamkan Karakter Kejujuran dalam Pembelajaran Daring. | Kompas

Di masa pandemi covid 19 ini, pembelajaran dilakukan secara daring, anak-anak belajar dari rumah dibimbing orang tua . Guru melakukan pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi tatap muka secara virtual seperti Google meet atau Zoom meet. 

Semua itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus covid 19 terhadap mereka. Tentu saja guru berharap agar anak-anak tetap dapat melaksanakan pembelajaran meskipun tanpa tatap muka secara langsung, selain itu dengan dilaksanakannya pembelajaran di rumah diharapkan agar orang tua dapat mengetahui keaktifan anaknya serta seberapa besar daya tangkap anak terhadap materi saat pembelajaran.

Selain pembelajaran melalui aplikasi tatap muka virtual,untuk pemberian informasi serta tanggapan maupun pertanyaan dari orang tua,guru membentuk grup Whatsaap.

Melalui pembelajaran daring, sebenarnya saya selaku guru merasa khawatir akan tingkat kejujuran anak dalam hal mengerjakan tugas.Saya kurang yakin bahwa orang tua di rumah akan menekankan kejujuran pada anak dalam mengerjakan tugas yang seharusnya dilakukan mandiri dimana peran orang tua sebatas membimbing dan mendampingi.

Baca juga: Apakah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Efektif di Indonesia?

Selama ini proses pembelajaran di sekolah Guru selalu menanamkan sifat jujur dengan tujuan agar anak terbiasa dengan karakter jujur dalam hal apapun.Tetapi yang terjadi dengan pembelajaran di rumah justru tidak sesuai dengan harapan saya selaku Guru yang selalu berusaha dan membimbing anak untuk jujur. Karena kebanyakan orang tua selalu menginginkan anak-anaknya untuk mendapatkan nilai sempurna.

Sementara mereka tidak mau menyadari bahkan beberapa tidak mau mengakui bahwa kemampuan anak-anak mereka terbatas,karena pada dasarnya anak-anak memiliki kemampuan berberda-beda tergantung bakat dan minat anak itu sendiri. Mereka tidak mau anak-anaknya mendapatkan nilai lebih rendah dibandingkan dengan  teman-teman mereka. 

Bahkan orangtua merasa malu jika anak-anaknya tidak mendapatkan nilai yang sempurna.Padahal yang diharapkan oleh seorang guru,orang tua dirumah hanya membimbing anak dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh Guru dan sebagai Guru yang menginginkan murid-muridnya memiliki kejujuran tinggi saya berharap orang tua bisa membiarkan anak mengerjakan tugas-tugas dari sekolah saat mereka belajar dari rumah melalui daring secara mandiri yaitu dengan  menemukan jawabannya sendiri sesuai dengan pemahaman mereka.

Namun fakta di lapangan,kebanyakan Orang tua lebih memilih untuk  memberikan jawaban yang benar secara langsung  kepada anak ,mereka tidak menyadari bahwa tindakan tersebut justru membuat anak tidak mandiri dan tentu saja tindakan tersebut mengesampingkan kejujuran.

Bahkan tidak segan-segan mereka membentak,mencubit bahkan memukul anak-anaknya jika  anak-anaknya tidak bisa memahami pembelajarannya.Sangat bertentangan dengan apa yang diharapkan oleh saya sebagai seorang guru.

 Saya hanya berharap orang tua membimbing anak-anaknya agar anak berusaha memahami materi,mencari jawaban dan anak menulis jawaban dari tugas itu sendiri entah benar entah salah karena disini kita bisa membentuk dan mengarahkan anak pada kejujuran. Saya hanya mengharapkan orang tua dapat menanamkan sikap kejujuran pada anak-anak.

Selain itu,di masa pandemi covid 19 ini merupakan saat yang tepat bagi orang tua untuk membangun kedekatan emosional dengan anak sehingga mempermudah tugas orang tua untuk menanamkan karakter kejujuran pada anak. Tanpa adanya kedekatan emosional yang baik serta komunikasi yang baik dan menyenangkan dengan anak akan sulit untuk membimbing anak.

Baca juga: Diskusi Pedagogik IKA UNJ, Atasi Masalah PJJ dengan Komunikasi Intensif

Alih-alih menurut justru anak akan merasa tertekan yang justru membuat anak sulit menerima bimbingan,arahan bahkan akan semakin sulit untuk menanamkan sifat jujur .

Mari kita bersama-sama berusaha membangun kedekatan dengan anak agar kita bisa membimbing anak sehingga bisa mencegah orang tua yang dengan tanpa sadar merusak karakter anak bahkan menghilangkan nilai-nilai kejujuran demi ego dan gengsi yang selalu ingin menunjukkan keunggulan masing-masing.

Sebenarnya saya juga merasa ragu untuk menilai apakah anak-anak sudah tertanam sikap jujur atau belum.Karena indikasi anak berlaku jujur atau tidak jujur,tidak dapat dipantau dalam kondisi pembelajaran yang tidak dilakukan dengan tatap muka secara langsung. 

Namun disadari atau tidak hasil tugas anak-anak pada pembelajaran daring ini semua sangat memuaskan dan jauh meningkat dibanding dengan pembelajaran-pembelajaran sebelumnya yang dilakukan langsung di sekolah.

Hal tersebut tentu menimbulkan tanda tanya besar yang sulit terjawab dan penyebab itu semua tentu karena adanya peran orang tua dalam proses pembelajaran daring di rumah.

Pertanyaan yang selalu terlintas adalah apakah para orang tua sudah menekankan akan pentingnya kejujuran pada anak-anak mereka dirumah?.Jawabannya tentu kembali pada pribadi masing-masing.

Terlepas dari itu semua,saya dan rekan-rekan yang berprofesi sebagai guru mengucapkan terima kasih untuk kerjasama para orang tua dalam membimbing anak-anaknya belajar di rumah.

Karena bagaimanapun juga tanpa peran orang tua yang rela meluangkan waktu untuk menemani dan membimbing anak-anaknya dalam proses pembelajaran daring di rumah sudah tentu proses pembelajaran ini akan banyak mengalami kendala. 

Baca juga: Yuk, Ajak Anak Semangat PJJ

Satu pesan dari kami para guru yang selama ini sudah menanamkan nilai-nilai kejujuran, kami mohon agar jangan rusak karakter anak dengan ambisi-ambisi kalian para orang tua agar anaknya menjadi yang "ter" dalam mendapatkan nilai dari tugas-tugasnya selama ini. 

Utamakan pemahaman pada anak agar anak benar-benar menguasai materi pembelajaran,daripada memdapatkan nilai yang tinggi tetapi anak-anak tidak paham dengan materi pembelajaran.

Tanamkan karakter kejujuran pada anak-anak kalian,dengan tidak mengabaikan karakter-karakter yang lain.Karena kejujuran adalah modal utama agar anak mendapatkan masa depan yang cerah,yang lebih baik.

Tak lupa saya dan rekan-rekan Guru juga mohon maaf kepada para orang tua atas kendala dan keterbatasan kondisi dalam proses pembelajaran yang dialami para orang tua di rumah dalam membimbing anak-anak belajar.

Mari kita bersama membimbing anak-anak,mencerdaskan anak-anak kita dengan membangun karakter anak-anak sehingga menjadi anak yang cerdas,jujur dan sukses di masa mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun