Mohon tunggu...
Irvan Maulana
Irvan Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Put Right Man on the Right Place

Pemerhati Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

5 Langkah Bijak Mengatasi "Pushback" di Lingkungan Kerja

25 Oktober 2021   09:45 Diperbarui: 26 Oktober 2021   22:58 440 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bekerja di tengah pandemi | Ilustrasi gambar dari health.kompas.com

Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah

Kutipan Hukum III Newton tersebut menggambarkan bahwa akan selalu terjadi reaksi timbal balik di setiap pekerjaan yang dilakukan.

Jika dianalogikan dalam lingkup lingkungan kerja, semua orang punya pendapat masing-masing dan berhak menyatakan pendapat di setiap kesempatan. Dan setiap pendapat pasti akan memicu munculnya reaksi dari pendapat sesama rekan kerja.

Jika pimpinan cenderung bersikap keras dan otoriter, maka karyawan pun akan merespon dengan sikap yang sama. 

Jika pimpinan bersikap bijak terhadap semua karyawan, maka karyawan pun akan merespon dengan sikap yang bijaksana.

Mampu menyuarakan pendapat di tempat kerja adalah tanda tempat kerja yang sehat. Organisasi yang sehat juga merupakan organisasi yang dapat membuat keputusan meskipun ada perbedaan pendapat dan membuat karyawannya bergerak maju dengan tekad dan komitmen yang sama terhadap tujuan keseluruhan.

Sektor militer bisa menjadi contoh terbaik untuk bisa melihat betapa tingginya tekanan dalam mengemban sebuah tanggung jawab. Kita juga bisa melihat tingginya intensitas kerja dan latihan mereka demi sebuah profesionalitas dan profesionalisme kerja.

Terlebih dalam situasi militer berisiko tinggi, tidak ada waktu untuk berunding, tidak ada waktu untuk saling bertukar pendapat. Tanpa proses panjang jajak pendapat, keputusan harus segera diambil demi keselamatan bersama.

Anda harus memercayai orang-orang di sekitar Anda untuk memproses informasi dan membuat keputusan dengan cepat, dan Anda harus mengeksekusi tanpa banyak bertanya.

Karyawan di tempat kerja modern menghadapi dilema serupa. Di beberapa organisasi, pimpinan manajemen mengharapkan karyawan untuk hanya mengikuti perintah, terkadang membuatnya tidak nyaman dan selalu menutup celah untuk tidak setuju.

Namun, mematuhi permintaan yang tidak Anda setujui dapat mengakibatkan sejumlah konsekuensi, mulai dari perasaan "tidak enakan" hingga memicu Anda untuk resign.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan