Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health | Books | Travel | Cultures | Photography | Movies | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kemanapun Kupergi, Onan Runggu Kan Kurindu

26 September 2021   07:00 Diperbarui: 26 September 2021   14:02 184 24 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kemanapun Kupergi, Onan Runggu Kan Kurindu
Pelabuhan Onan Runggu (Dokumentasi pribadi)

Bicara tentang Danau Toba dan tempat-tempat terkenal di sekitarnya seperti Tomok, Bukit Holbung, Tele, Ambarita, Lumban Suhi-Suhi, Gunung Pusuk Buhit, Lembah Bakkara dan lainnya, jauh sebelumnya saya hanya mengenal Desa Onan Runggu. Kampung halaman Bapak. Yah, kampung halaman aslinya sih di Sipakko. Tapi akhirnya Ompung pindah domisili ke desa ini.

Saat masih kecil, saya ingat betul bisa hampir setiap tahun ketika momen Natal dan tahun baru, saya ikut orangtua ke kampung halaman mereka masing-masing menengok Ompung dan berkunjung ke rumah sanak saudara lainnya.

Pembaca sekalian mungkin tidak familiar dengan nama Onan Runggu dan tidak banyak yang tahu di mana tepatnya letak tempat ini. Tapi mungkin juga sudah ada yang pernah mendengar, karena nama Onan Runggu pernah beberapa kali saya sebut dalam artikel-artikel saya sebelumnya.

Onan Runggu memang bukan termasuk tempat wisata yang terkenal seperti Tomok, Ambarita, Lumban Suhi-Suhi, dan lainnya. Tapi karena tempat inilah yang pertama kali saya kenal sejak kecil di kawasan Danau Toba, maka saya ingin bercerita sedikit mengenai Onan Runggu.

Gambaran Lokasi Onan Runggu (Sumber: tangkapan layar Google Map)
Gambaran Lokasi Onan Runggu (Sumber: tangkapan layar Google Map)

Mengenal Desa Onan Runggu

Desa Onan Runggu merupakan salah satu dari 12 desa yang berada di kecamatan Onan Runggu yang terletak di Pulau Samosir (Kabupaten Samosir). Ya, pulau yang memiliki julukan 'Negeri Indah Kepingan Surga' ini terkenal karena letaknya berada di tengah-tengah Danau Toba yang tersohor itu.

Dalam budaya masyarakat Batak, Danau Toba dan Pulau Samosir memiliki urban legend tersendiri sebagai Heritage of Toba. Tentu pembaca sekalian pernah dengar kisah seorang petani yang menangkap seekor ikan mas yang akhirnya berubah menjadi seorang wanita dan menjadi istri si petani? Kalau belum, bisa googling sendiri lah ya? Hehe..

Balik lagi ke Onan Runggu. Karena letaknya di tengah Danau Toba, maka kalau boleh saya menyombongkan diri sedikit (sedikit nggak apa-apa kan?), menyaksikan keindahan Danau Toba dari dekat hampir setiap tahun adalah hal yang biasa bagi saya. Serius!

Pemandangan Danau Toba dari atas kapal (Dokumentasi pribadi)
Pemandangan Danau Toba dari atas kapal (Dokumentasi pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan