Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Saya Kira Kompasiana Diblokir, Ternyata ....

20 Juli 2022   16:55 Diperbarui: 20 Juli 2022   18:12 157 35 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mencoba  Mengakses Sosial Media | Sumber Suara.com

Tadi subuh saya terbangun, seketika langsung mencari gadget yang tengah dilakukan pengisian baterai. Sudah biasa jika bangun tidur, hal pertama mencoba browsing Kompasiana. Sekedar melihat notifikasi yang masuk atau syukur-syukur ada artikel yang jadi HL di tengah malam.

Rasa kaget ketika tiba-tiba link kompasiana tidak muncul seperti umumnya. Saya masih tanpa sadar, jujur di otak saya saat itu teringat topik PSE Kominfo yang mewacanakan akan memblokir beberapa situs seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan beberapa aplikasi lainnya. Ini karena pemerintah tengah gencar memperketat keamanan pengguna internet dengan mewajibkan adanya pendaftaran sesuai ketetapan Kominfo.

Merunjuk pada artikel Kompas.com, Kominfo telah menetapkan tenggat pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) baik domestik maupun privat pada 20 Juli 2022. 

Ini sejalan dengan aturan Permenkominfo Nomor 5 Tahun 2020 Pasal 7 dimana jika ada PSE privat ataupun domestik yang tidak melakukan pendaftaran maka pemerintah akan memutus akses atau pemblokiran secara sepihak oleh pemerintah Indonesia (Sumber Klik Disini)

Kaget adalah hal wajar karena sejatinya hari ini tepat tanggal 20 Juli 2022 sebagai batas akhir. Sempat terpikir apakah Kompasiana menjadi bagian dari PSE yang mengalami pemblokiran saat ini. Apalagi tidak ada pemberitahuan sebelumnya bahwa akan ada perbaikan situs

Pemeliharaan Sistem Kompasiana | Tangkapan Layar Dari Situs Kompasiana
Pemeliharaan Sistem Kompasiana | Tangkapan Layar Dari Situs Kompasiana

Secara detail saya membaca ternyata situs Kompasiana tengah mengalami perawatan berkala yang diinformasikan akan berlangsung hingga jam 09.00 WIB. Namun hingga pukul 13.00 WIB, saya masih belum bisa mengakses akun Kompasiana. 

Wuah jadi berpikir macem-macem nih jika Kompasiana benar diblokir pasti bisa menciptakan banyak polemik di antara Kompasianer.

Polemik pertama, bagaimana nanti nasib Saldo Gopay sebagai Reward Bulanan. Saat ini kita sudah memasuki 20 hari di bulan Juli dan tersisa 11 hari lagi untuk mengoleksi tulisan agar bisa mendapatkan reward bulanan.

Bagi yang selama ini rajin menulis dan selalu mendapatkan K-Reward yang cukup besar tentu di sisa hari terakhir akan lebih gencar untuk menulis. Berharap ada tulisannya yang menembus Tren Pekan Ini sehingga bisa meningkatkan jumlah pembaca dan UPV.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan