Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Adakah Tempat untuk Pendosa di Surga?

27 Januari 2021   23:14 Diperbarui: 27 Januari 2021   23:29 222 20 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adakah Tempat untuk Pendosa di Surga?
Seorang Perempuan yang memohon Belas Kasihan. Sumber Gema Pasionis

Sebenarnya saya sudah ada niat menulis artikel dengan mengangkat topik ini sejak setahun lalu. Namun masih ada keraguan takut ada penilaian sok agamis atau sok paham akan agama. Entah kenapa seakan malam ini ada keberanian pada diri untuk mewujudkan rasa penasaran ini dalam bentuk artikel. 

Saya percaya meski 1 juta orang bertentangan dengan tulisan saya namun ketika ada 1 orang saja setelah membaca artikel ini merasakan hal yang saya alami dan dengan kerendahan hati mengharapkan keselamatan pada dirinya. Itu sudah sangat berarti bagi saya. 

Seringkali saya mempertanyakan apakah pintu surga akan terbuka bagi mereka yang berdosa? Pertanyaan ini muncul karena sadar begitu banyak hal berdosa secara sadar atau tidak yang telah saya lakukan selama ini. 

Memang dosa dan pahala hanya Tuhan-lah yang tahu tapi rasanya saya menempatkan diri ini sebagai orang yang masih banyak dosa. Ketika saya merasa berdosa, saya senantiasa mengharapkan pengampunan akan dosa yang telah dilakukan.

Terlalu sombong rasanya ketika kita terlalu percaya diri bahwa sudah memiliki banyak pahala karena dalam kitab suci justru orang sombong seperti ini sangat jauh dari pintu Surga. 

Sebagai seorang Katholik, saya masih jauh dari orang yang beriman. Terlalu sering lupa datang ke gereja, masih sering mengumpat dan tidak terima jika ada yang menyakiti. Padahal dalam Injil tertulis jelas hukum Cinta Kasih dan tentang ajaran mengasihi, 

"Siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu" (Matius 5:39) 

Jujur saya belum bisa seperti itu. Masih muncul rasa amarah dan sakit hati jika ada seseorang yang menyakiti hati ini. Bahkan saya pernah mengumpat pada Tuhan atas suatu kejadian yang tidak saya harapkan.

Sebagai manusia yang tak luput dari dosa, ada ketakutan dalam hati ini apakah bisa diperkenankan masuk dalam kerajaan Allah dan menjadi bagian dari orang yang dibangkitkan pada akhir jaman nanti. 

Guru agama selalu mengatakan bahwa Yesus hadir sebagai penebus dosa manusia. Namun apakah itu tandanya orang berdosa bisa masuk Surga? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x