Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Hanya seorang pria biasa

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Tidak Ingin SP atau Dipecat

5 Juli 2020   10:06 Diperbarui: 5 Juli 2020   10:18 46 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Tidak Ingin SP atau Dipecat
Karyawan yang terkena Surat Peringatan (SP). Sumber Cermati.com

Setiap orang pasti memiliki impian bekerja di tempat yang nyaman, bekerja dalam jangka waktu yang panjang dan tanpa ada masalah. Namun seringkali ada saja perilaku kita baik dilakukan secara sadar atau tidak yang membuat penilaian kita buruk di mata atasan.

Datang terlambat ke kantor adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pekerja. Penilaian dari atasan akan langsung muncul seperti tidak disiplin, kurang bisa manajemen waktu, hingga malas.

Bila terjadi sekali mungkin bisa ditolerir namun jika berulang kali tentu saja sanksi berupa pemberian Surat Peringatan (SP) hingga pemecatan dapat mungkin terjadi.

Selain masalah keterlambatan sebenarnya ada beberapa tindakan yang dianggap sepele namun dapat berakibat fatal dalam dunia kerja. Apa saja itu?

Jangan pernah mengosip tentang kejelekan atau hal pribadi atasan

Hal ini lumrah karena setiap orang benci jika dijadikan bahan gosipan orang lain. Kita sadar bahwa sifat alami manusia adalah berbincang dengan orang lain namun jangan sampai sifat alami ini menjurus ke hal gosip

Aktivitas gosip di kantor. Sumber Magazine Job-Like
Aktivitas gosip di kantor. Sumber Magazine Job-Like

Gosip atau gibah sering muncul disaat ada waktu senggang dengan orang lain atau ada pembahasan topik mengenai seseorang. Gosip atau gibah umumnya lebih membahas hal negatif dibandingkan positif sehingga topik gosip mengarah pada urusan personal, aib, sikap atau pencapaian seseorang.

Dalam dunia kerja, pantang untuk menjadikan atasan sebagai bahan gosip. Jangan pernah menceritakan aib atau urusan personal atasan kepada orang lain misalkan atasan masih jomblo meski usia sudah tidak muda, belum punya anak, ketahuan selingkuh, takut sama istri, galak, atau hal lainnya.

Kesalahan yang sering terjadi adalah kita begitu terlena membicarakan orang lain sehingga tidak bisa mengontrol mulut atau pikiran kita. Dampaknya justru hal ini dapat menjerumuskan kita ke hal yang besar.

"Janji ya jangan cerita ke siapa-siapa"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x