Mohon tunggu...
Indawati
Indawati Mohon Tunggu... Guru

Learner, Mompreneur, Writer, Founder Digital Optimization Class, Digital Designer

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Puasa dengan Konsumsi Madu Lengkap

20 April 2021   12:54 Diperbarui: 20 April 2021   13:43 263 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Puasa dengan Konsumsi Madu Lengkap
Olahan pribadi

Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam di dunia.  Mulai dari usia anak-anak hingga usia manula. Namun ada beberapa syarat wajib puasa yang perlu diperhatian diantaranya adalah beragama islam, baligh, berakal sehat, mampu berpuasa dan suci dari haid dan nifas. Selain itu, puasa juga merupakan rukun Islam yang ke empat.

Untuk mengawali puasa yang akan berlangsung selama satu bulan memang tidak mudah. Bahkan bagi sebagian orang sangat berat. 

Kita butuh menyesuaikan diri pada permulaaan puasa, terkadang puasa pertama membuat tubuh kaget, sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lemas, dehidrasi, cepat lelah ketika beraktifitas, menjadi malas untuk melakukan apapun, bahkan juga menyebabkan kantuk.

Salah satu cara untuk menghilangkan semua rasa tersebut adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Memenuhi tubuh dengan nutrisi dan vitamin. Apalagi Ramadhan kali ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19. Jadi jangan sampai dengan tidak makan seharian karena puasa kekebalan tubuh semakin menurun.

Untuk itu, kita harus pandai-pandai memilih dan memilah makanan yang mengadung banyak nutrisi dan vitamin. Kurangnya nutrisi dan vitamin, dapat menyebabkan turunnya sistem imun yang akhirnya rentan terserang penyakit. Sehingga perlu adanya asupan banyak nutrisi dan vitamin seperti yang terdapat dalam kandungan madu. 

Selain itu, kita juga membutuhkan banyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi dan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi. Mungkin banyak orang berfikir bagaimana caranya bisa banyak minum air putih sedangkan kita seharian berpuasa. Supaya tubuh tetap terhidrasi kita harus tetap minum kurang lebih 8 gelas perhari. 

Caranya kita dapat menerapkan pola 2-4-2 agar tak dehidrasi selama bulan puasa:

1. 2 gelas air putih saat berbuka.

2. 4 gelas air putih saat makan malam bisa dicicil.

3. 2 gelas air putih saat sahur

Sedangkan untuk mendapatkan banyak nutrisi menurut saya adalah dengan rutin konsumsi madu. Terutama madu yang memiliki kandungan lengkap seperti KOJIMA. KOJIMA singkatan dari korma, jinten hitam (habbatussauda), dan madu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN