Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Seorang Teman Sakit Keras karena Langsung Mandi Usai Beraktivitas Melelahkan

21 Mei 2022   06:43 Diperbarui: 21 Mei 2022   06:49 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
duc nguyen van/pixabay dipublikasikan kompas.com

Ini hanya pengulangan saja. Mungkin sudah banyak yang tahu. Tulisan ini hanya ingin menambah sesak informasi yang baik saja. Agar tidak ada sela untuk misinformasi.

Intinya, jangan langsung mandi ketika selesai olahraga atau beraktivitas fisik yang keras dan melelahkan. Kenapa saya tulis ini, karena ada teman yang mengalami sakit fatal setelah mengabaikan atau tak paham dengan "jangan langsung mandi setelah olahraga".

Beberapa hari lalu, seorang teman beraktivitas keras dan tentu melelahkan di sawah. Aktivitas dilakukan di siang hari dengan terik yang luar biasa.

Tentu saja, keringat bercucuran dan lelah tak kentara. Tentu saja juga gerah. Nah, setelah dari sawah, dia pulang dan langsung mandi. Akibatnya fatal dan sekarang di rumah sakit. Dia terkena sakit keras yang tak perlu saya sebutkan lebih rinci di sini.

Tentu saya bukan dokter. Tapi larangan jangan langsung mandi setelah olahraga atau beraktivitas keras yang melelahkan, sudah saya dapatkan sejak kecil. Walau saat itu saya tak tahu kenapa larangan itu muncul.

Belakangan saya paham bahwa langsung mandi setelah olahraga bisa berakibat penyakit fatal. Maka, sehabis olahraga mending istirahat 30 menit sembari menunggu badan lebih normal.

Saya juga baca di halodoc bahwa langsung mandi setelah olahraga bisa membuat pembuluh darah melebar dan serangan jantung. Itulah salah satu kefatalan yang diterima.

Informasi jangan mandi usai olahraga ini saya dapatkan bukan dari bangku sekolah. Mungkin di sekolah diberi informasi itu oleh guru olahraga. Tapi saya tidak ingat. Ya mungkin saya sering bercanda saat masih sekolah dulu.

Tapi yang saya ingat, bahwa informasi itu saya dapatkan dari senior di sepak bola. Kala main bola saat anak-anak, banyak senior yang mengatakan "jangan langsung mandi setelah olahraga".

Pernyataan senior itu diungkapkan bukan oleh satu orang, tapi banyak orang. Mungkin kita akan bosan dengan informasi berulang, tapi justru kebosanan dan kejengkelan itu membuat kita ingat petuah tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun