Mohon tunggu...
I Gusti Ayu Ananda Putri
I Gusti Ayu Ananda Putri Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi perantau

Selanjutnya

Tutup

Media

Media Digital Vs Media Analog

14 September 2020   08:46 Diperbarui: 14 September 2020   09:30 52 2 0 Mohon Tunggu...

Menulis di platform digital gampang-gampang susah. Terdapat 12 hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang penulis. Seiring berjalannya waktu, penggunaan platform digital semakin digemari karena kemudahan dan keuntungan-keuntungan yang didapat. Sebelum berkembangnya media digital sebagai wadah penulis. Terdapat media analog yang juga merupakan wadah bagi penulis untuk menyampaikan aspirasinya atau pemikiran mereka. Kedua media ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga tulisan ini ditujukan untuk memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing media tersebut.

Didalam penulisan di media digital, penulis memiliki beberapa peran penting seperti :

Komunikator pesan : Hal ini dimaksudkan agar penulis menyampaikan pesan dengan cara yang terampil seperti provokatif, pintar, menarik dan juga lucu.

Penyelenggara Informasi : Penulis harus memiliki prioritas mengenai informasi yang digunakan sebagai konten penulisan dan harus bisa mengabaikan informasi yang palsu dan juga tidak penting.

Penerjemah : Pesan yang disampaikan oleh penerjemah harus mengunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Sesudah kita mengetahui bagaimana peran penting yang harus dimiliki oleh penulis, sekarang kita akan mempelajari dan memahami bersama mengenai 12 hal yang harus dimiliki atau diketahui oleh seorang penulis.

1. Kredibilitas

Sifat atau sikap kredibilitas harus diiringi dengan peran-peran penting yang sudah dijelaskan diatas. Sehingga, ketiga peran tersebut akan dilatar belakangi oleh kredibilitas atau pengalaman yang dimiliki oleh seorang penulis tersebut. Perbedaan diantara kredibilitas yang dimiliki oleh penulis media digital dan media analog ialah jika penulis media digital akan lebih mudah mencari pengalaman karena mudah dan banyaknya wadah bagi penulis untuk menyampaikan konten tulisannya.

2. Bias

Berhubungan dengan nomor 1, yaitu kredibilitas tersebut. Persepektif yang digunakan oleh seorang penulis didalam menulis tulisannya akan sangat diperhatikan sekali karena diharapkan agar tulisan tersebut tidak bias, sehingga penulis diwajibkan untuk menyampaikan opini. Selain itu, bias yang dimaksud disini adalah penulis harus membuat cerita yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

3. Identification (Identifikasi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x