Mohon tunggu...
Mohammad Herdianto
Mohammad Herdianto Mohon Tunggu... Bukan jurnalis, hanya suka menulis

PNS (Pegawai Nyekel Sapu)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Benarkah Bayi "Tiba Sampir" Memiliki Keistimewaan?

1 Agustus 2019   21:31 Diperbarui: 1 Agustus 2019   21:41 3001 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Bayi "Tiba Sampir" Memiliki Keistimewaan?
Ilustrasi: alodokter.com

Tali nuchal (Nuchal Cord) atau tali yang melilit di leher, adalah salah satu kondisi di mana bayi dalam kandungan terlilit tali pusar, yang mirip dengan usus. Hal itu adalah satu dari banyak hal yang ditakuti calon ibu akan sebuah persalinan. Para ibu berpikir bayi yang dikandungnya bisa tercekik oleh tali pusarnya.

Hal ini dapat menyebabkan begitu banyak kekhawatiran yang luar biasa. Untungnya, tali pusar yang normal dan sehat dilindungi dari kompresi pembuluh darah.

Fakta medis mengatakan, bayi menerima nutrisi dan oksigen melalui tali pusar, bukan dengan bernapas melalui hidung atau mulut. Mereka tidak benar-benar bernafas sampai setelah kelahiran, ketika mereka mengambil napas pertama oksigen ke paru-paru si jabang bayi.

Hal ini mungkin adalah salah satu dari banyak alasan mengapa pentingnya untuk membiarkan tali pusar bayi tetap utuh (tidak dipotong) selama minimal 2 menit setelah kelahiran untuk mengurangi resiko kematian pada bayi yang baru saja lahir.

Tali pusar akan terus bekerja menyediakan oksigen, dan merupakan sistem pendukung kehidupan untuk bayi, sampai kepalanya lahir dan oksigen benar-benar telah mengenai hidungnya.

Selain nuchal cord, beda lagi dengan bayi lahir sungsang.

Sungsang adalah suatu kehamilan terjadi ketika kepala bayi berada di bagian atas rahim, namun  kaki atau bokong bayi berada pada bagian bawah.

Jika dilihat dari segi medis, ada tiga jenis posisi sungsang.

1. sungsang sempurna,

2. Sungsang murni,

3. Sungsang kaki (footling).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x