Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Olahraga Hamil Agar Persalinan Lancar, Yuk Lakukan 5 Gerakan Ini!

7 Juni 2021   14:34 Diperbarui: 7 Juni 2021   15:11 59 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Olahraga Hamil Agar Persalinan Lancar, Yuk Lakukan 5 Gerakan Ini!
Olahraga hamil agar persalinan lancar (Source: Ludostor.co)

Penting sekali bagi ibu hamil untuk melakukan olahraga hamil agar persalinan berjalan lancar. Terutama, olahraga memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan calon bayi dan ibu, antara lain menjaga stamina agar selalu berenergik dan membantu mengontrol emosi agar terhindar dari rasa kecemasan saat melahirkan. 

Namun, setiap ibu hamil harus mengetahui secara detail olahraga yang tepat dan aman, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi kehamilan.

Saat sedang mengandung, setiap ibu pasti merasa takut dan ragu untuk melakukan olahraga, ditambah lagi dengan kondisi perut yang semakin besar, kadangkala membuat sang ibu merasa sulit untuk bergerak dan beraktivitas. 

Lewat artikel ini, maka bisa menjadi panduan bagi para ibu hamil untuk tidak perlu khawatir lagi, dikarenakan olahraga ini akan memberikan banyak manfaat untuk memperlancar persalinan. 

Baca Juga: Pentingnya Nutrisi Ibu Hamil

Berikut ini olahraga yang bagus untuk ibu hamil. Wajib tahu nih buat para ibu-ibu!

Jalan Kaki

Agar persalinan lancar, olahraga hamil pertama yang bisa dicoba untuk ibu hamil adalah jalan kaki. Rutinitas melakukan jalan kaki bisa memberikan manfaat luar biasa, apalagi jika ditemani oleh suami saat di pagi hari maupun di sore hari.

 Cara memulai olahraga tersebut ialah dimulai dari usia kehamilan pada trimester pertama hingga tisemter akhir. Manfaat dari jalan kaki bagi ibu hamil yaitu membantu dalam melatih kekuatan pernafasan dan jantung. 

Setelah itu, bagi ibu hamil cukup hanya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, dengan kondisi udara yang sejuk, bersih, dan mendapatkan matahari hangat pada pukul 08.00 hingga 10.00 pagi. 

Adapun saat melaksanakan olahraga ini, lakukanlah secara rutin dengan mengelilingi kompleks perumahan sambil membawa botol air minum . Baik juga kalau kamu berjalan tanpa menggunakan alas kaki, tapi ingat ya haarus memilih jalanan yang rata.

Baca Juga: 11 Tips Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Berenang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x