Mohon tunggu...
HidayatPutra Timur
HidayatPutra Timur Mohon Tunggu... Orang Awam :)

Seseorang yang suka dengan dunia blogging

Selanjutnya

Tutup

Travel

Karimunjawa, Wisata Surga Dunia yang Jarang Diketahui

11 Juni 2020   15:06 Diperbarui: 11 Juni 2020   22:40 23 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karimunjawa, Wisata Surga Dunia yang Jarang Diketahui
travel.detik.com

Setelah kemarin saya membuat artikel tentang destinasi wisata karimunjawa , kali ini saya akan merekomendasi tempat pilihan yang wajib dikunjungi jika kalian berlibur di jepara atau lebih tepatnya karimunjawa.

Sebelum mengenal lebih jauh tempat pilihan di karimunjawa, simak beberapa informasi tentang letak tempat ini.

Letak Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa letaknya berada di Jepara, Jawa Tengah yang memiliki jarak sekitar 83 Km dari daratan utama.

Area Wisata di Karimunjawa

Bagi Anda yang ingin merasakan indahnya pantai rasa surga seperti di Hawaii maupun Malibu dan Maladewa, sepertinya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam agar sampai ke sana. Nyatanya, indonesia punya wilayah memiliki kemiripan pemandangan serta eksotis pantai seperti di atas.

Tepatnya, Karimunjawa telah lama memikiat serta memiliki daya tarik bagi para penikmat pantai. Tidak hanya masyarakat lokal saja, banyak turis Mancanegara datang berbondong-bondong karna hanya ingin menikmati lembut pasir pantainya.

Hal yang harus anda persiapkan jika ingin pergi ke karimunjawa
1. Mental Serta Pengalaman
2. Biaya
3. Biro wisata

Untuk biro wisata nya anda bisa memakai biro lokal terpercaya serta murah yaitu alikarimunjawa

Biro ini menawarkan banyak paket wisata karimunjawa yang bisa anda pesan.

Dengan di dampingan pemandu profesional serta asli lokal serta ada satu paket tour karimunjawa terbaik yang sering di gunakan para wisatawan yaitu paket wisata 3 hari 3 malam

Rekomendasi tempat Primadona Yang wajib dikunjungi kala berkungjung di Karimunjawa

Pulau Cemara Besar

Tempat wisata pertama yang terletak di Karimunjawa adalah Pulau Cemara Besar. Letaknya lumayan jauh dari daratan utama, tetapi dengan eksotis serta keindahanya inilah yang dapat membuat semua pengunjung puas. Dari Endapan pasirnya membentang luas, serta banyak pepohonan serupa yang ada di sana.

Pulau ini memang dapat dikatakan sangat luas dibanding lainnya. Pasirnya sendiri lebih putih serta lembut, apalagi kalau sedang surut. Suasananya sangat asri nan murni. Karna itulah, banyak wisatawan menganggapnya sebagai private beach.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati snorkeling di sekitar ruas-ruas pantai. Panorama di bawah lautnya juga tidak kalah indah. Setiap wisatawan sudah pasti akan termanjakan oleh pesona dan pemandanganya.

Pulau Cilik

Disana, ada pula tempat lain di dekatnya yang bernama,Pulau Cilik , yang sama-sama menawarkan keindahan tiada tara dan dapat memanjakan semua pengunjung, gak nyesel deh. Lokasinya sendiri berada di desa Kemujan, karna lokasinya yang kecil, pulai ini bahkan bisa anda kelilingi hanya dengan jalan kaki.

Hampir sama seperti lainnya, pulau ini juga ditumbuhi pohon cemara walau tidak banyak. Meskipun begitu, pulau cilik memiliki endapan pasir yang cukup luas. Bahkan terlihat jauh lebih putih. Air bibir pantai sendiri lumayan dangkal. Sangat cocok kalau dipakai snorkeling.

Untuk Pulau Cilik serta Cemara Besar, semuanya berjarak sekitar 200m sampai 300m dari daratan utama.

Pulau Geleang

Kalau Anda ingin menyusuri Karimunjawa sisi barat, maka Pulau Geleang bisa menjadi lokasi selanjutnya yang patut untuk dikunjungi. Biasanya, banyak para nahkoda kapal akan mampir ke sana untuk istirahat serta makan siang.

Banyak orang memilih kesana untuk rehat setelah lelah snorkeling karena disana akan ada suguhan keindahan alamnya begitu menakjubkan serta eksotis. Pantainya sendiri lumayan luas dengan pepohonan besar di sekitar. Airnya benar-benar jernih, berwarna hijau tosca dan kadang biru.

Bila Anda ingin menjelajah kesini, cukup dengan membayar biaya kapal saja sebesar Rp 50.000,-. Setelahnya, silahkan bersantai dan berkeliling pulau kecil ini. Jangan lupa agar selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Pulau Menjangan Kecil

Menjangan dalam bahasa Jawa artinya Rusa. Meskipun memiliki nama demikian, tapi di dalam pulau ini tidak ada hewan tersebut. Suasananya sendiri benar-benar asri dengan banyak pepohonan meskipun wilayah pantainya agak kecil.

Pulau Menjangan Kecil ini berlokasi di sisi timur Karimun, dan para pengelola akan mengantar Anda ke sana sebagai tempat istirahat setelah seharian snorkeling. Dibanding lainnya, terumbu karang disini lumayan bervarias dan begitu indah kalau dipadukan dengan air jernihnya.

Penangkaran Hiu, Pulau Menjangan Besar

Di lokasi wisata di Karimunjawa lainnya, Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Menjangan Besar yang punya daya tarik khusus. Kalau di wilayah lainnya hanya bisa snorkeling saja, di sini terdapat penangkaran hiu yang dikelola pemerintah dan pengelola setempat.

Anda jelas tidak hanya bisa melihat hiu-hiu itu itu saja, namun dapat sekalian berenang serta berinteraksi bersamanya. Tenang, hewan-hewan tersebut tidak akan memakan siapapun seperti di film-film. Mereka semua sudah jinak.

Para pengelola juga memerbolehkan Anda memberi makan hiu-hiu tersebut dengan ikan-ikan kecil yang telah disediakan disana. Terakhir, pengunjung juga bisa mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

Pantai dan Bukit Anora

Lain daripada sebelumnya, kalau pulau tersebut hanya dipenuhi oleh pepohonan serta batu karang dibawah, maka disini terdapat pantai yang menyatu sekalian dengan bukit. Letaknya sendiri berada di Desa Kemloko, tidak jauh dari daratan utama.

Pantai Anora tersebut menyuguhkan pemandangan yang benar-benar indah. Apabila Anda naik ke bukitnya, tentu bisa melihat pulau-pulau kecil disekitar meskipun tidak semuanya. Air di sekitar sini sangat jernih, bahkan karang-karang dapat terlihat juga dari atas.

Untuk ke sini, para pengelola hanya menyewakan kapal mereka dengan biaya Rp 10.000,- saja. Lebih murah dari lokasi lainnya karena letak pulau ini yang sangat dekat dari daratan utama. Jangan lupa sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi destinasi ini.

Pantai  Legon Lele

Bagi Anda yang termasuk "Anak Senja" sepretinya wajib mengunjungi spot ini kalau tengah berlibur ke Karimunjawa. Pantai Legon Lele begitu terkenal degan panorama matahari terbenamnya yang digadang-gadang sama dengan Kuta.

Pulau yang menghadap ke barat ini memiliki banyak sudut menarik untuk dijadikan foto. Utamanya memang ketika matahari terbenam karena cahaya emasnya bisa maksimal terpancar ke pantai. Oleh karena itu, banyak wisatawan sengaja ke sini sore hari.

Pantai Batu Topeng

Seperti namanya, panti di sini memang banyak bebatuannya. Bahkan salah satu diantara benda tersebut ada yang mirip topeng. Letaknya sedikit menjorok ke laut dan di atasnya terdapat gazebo, meskipun tidak terlalu tinggi. Banyak sekali wisatawan berfoto disini.

Selain bebatuan, Pantai Batu Topeng juga memiliki banyak pepohonan. Bahkan tidak hanya cemara saja yang ada disana. Pasirnya sendiri sangat putih dengan air di bibir pantai berwarna hijau tosca dan biru berkilau ketika memantulkan sinar mentari.

Pantai Nirwana

Di antara semua pantai di atas, Pantai Nirwana patutnya menyandang gelar "Surga yang Tersembunyi" karena keindahan alamnya baru terungkap belakangan ini. Keadaannya benar-benar masih alami, bahkan dari sentuhan pengelola sekalipun.

Suasa di Pantai Nirwana sangat sepi, namun hal tersebut yang membuatnya memikat. Anginnya tidak terlalu keras, sehingga cocok digunakan sebagai tempat berjemur. Riak airnya sendiri sangat tenang cocok sekali kalau digunakan snorkeling.

Pantai Barakuda

Kalau Anda mendambakan suasana mirip Tanah Lot tapi di Jawa, maka Pantai Barakuda bisa jadi jawabannya. Meskipun tidak ada Pura di sana, tapi keadaan alamnya sangat mirip karena pengelola sudah mengelolanya dengan apik dan rapi.

Di sana sangat banyak pohon kelapa serta tanah dengan rerumputan yang jarang ditemukan di pantai. Selain itu, airnya begitu jernih. Dipinggirannya saja sudah berwarna biru ditambah ombak sedikit keras daripada wilayah lainnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
11 Juni 2020