Mohon tunggu...
Hery Supriyanto
Hery Supriyanto Mohon Tunggu... Warga net

Liberté, égalité, fraternité ││Sapere aude ││ Iqro' bismirobbikalladzi kholaq ││www.herysupri.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Harapan UMKM Malang Menyambut Ekonomi Digital Bersama JNE

13 September 2019   22:01 Diperbarui: 14 September 2019   07:38 0 2 1 Mohon Tunggu...
Harapan UMKM Malang Menyambut Ekonomi Digital Bersama JNE
Para pembicara dari arah kanan: Whindiarto Yudistiro, Tri Widyani Pangestuti, dan Dias Sastria. Dok pribadi

Sudah tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan Teknologi Internet (IT) sudah merambah kepada usaha terkecil sekalipun. Keberadaan internet begitu membantu, terutama dalam hal pemasaran. UMKM yang selama ini dipandang sebagai usaha rumahan dengan menggunakan teknologi internet bisa unjuk gigi di kancah global.

Melalui kolaborasi JNE bersama Kompasiana menggelar acara Kopiwriting dengan tema "Membawa UMKM Lokal ke Era Ekonomi Digita, Rabu (11/09/2019). 

Bertempat di Vargo Kitchen, Jalan Borobudur Kota Malang, acara ini berlangsung meriah dengan dihadiri para Kompasianer dan awak media massa. Even Kopiwriting di Malang ini merupakan roadshow dari beberapa kota di antaranya : Bandung, Padang, Banjarmasin, Yogyakarta, dan Cirebon.

Ada tiga pembicara yang secara bergantian mengemukanan proses, kendala, serta potensi di dalamnya. Tri Widyani Pangestuti, selalu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang menyatakan bahwa di kota Malang ini merupakan gudangnya orang kreatif. UMKM yang berkembang diantaranya di bidang kuliner, kerajinan, fashion, dan digital (start up).

Tri Widyani juga tak memungkiri bahwa UMKM yang berkembang saat ini, beberapa di antaranya masih berbentuk konvensional. Sentuhan teknologi masih belum menjangkau. Dunia TI terlebih internet yang saat ini sudah menjadi bagian keseharian, masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Dari pelaku usaha diwakilkan oleh Dias Sastria, selaku pemilih Kopi Jago yang produknya sudah memasuki gerai ritel modern. Untuk menjalankan usaha kopi itu ia bekerja sama dengan tiga roaster terbaik di Kota Malang. 

Selain itu untuk membantu para pelaku UMKM yang lain adalah dengan membeli produk dengan beli putus, dengan para pelaku tersebut bisa dapat langsung menikmatinya.

Peran logistik sangat diperlukan. Whindiarto Yudistiro, selaku head of sales marketing JNE Malang banyak bercerita tentang inovasi digital di JNE. Beberapa di antaranya adalah bisa men-tracking perjalanan paket mulai dari kirim sampai diterima di tempat tujuan. 

Ada juga sistem cashless untuk memudahkan pembayaran, serta fitur menarik lainnya.  Dan semua itu bisa di unduh melalui appikasi myJNE di smartphone kita.     

Peran strategis UMKM. Materi presentasi Kopiwriting. Dok pribadi
Peran strategis UMKM. Materi presentasi Kopiwriting. Dok pribadi
Bersiap memasuki pasar global

Tri Widyani menyadari bahwa peran pemerintah diperlukan dalam membina para UMKM tersebut. Pola pendampingan dilakukan, dan sudah berjalan adalah Klinik Bisnis. Program  diberikan agar pelaku UMKM bisa siap menghadapi era digitalisasi, serta meningkatkan kualitas produk. Bisa dengan sertifikasi produk serta cara pengemasan yang standar dan menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN