Mohon tunggu...
Thomas HenkB
Thomas HenkB Mohon Tunggu... Insinyur - Love To Make Things Simple. More Than 20 years of working exp

Hobi Menulis, Mengajar, Berpikir Kritis, dan Berpetualang

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Cara Membuat Website Sederhana Berbasis Database

5 September 2022   14:40 Diperbarui: 5 September 2022   14:49 224 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber ilustrasi: Freepik

Saat ini kebutuhan publikasi melalui media online sangat dibutuhkan. Demikian juga kebutuhan akan website untuk kita jadikan sarana mempublikasikan baik ide maupun bisnis kepada dunia luas. Sehingga hampir menjadi suatu keharusan bagi kita untuk dapat membuat maupun mengelola website. Kali ini kita akan membahas cara membuat website sederhana berbasis database, dengan menggunakan google sites.  

Yang akan kita gunakan dalam membuat website disini adalah google sites, mengingat beberapa keuntungan menggunakan google sites selain kemudahan, tampilan yang menarik, namun yang satu ini sangat membantu dalam pengelolaan website kita yakni adanya integrasi dengan google drives Guys. Dengan pengintegrasian dengan google drives, website yang akan kita buat dapat berkembang menjadi database yang cukup terstruktur dengan kapasitas penyimpanan halaman yang sebagian ditransfer ke google drives dari google sites tersebut. Henk akan menjelaskan cara pengintegrasian tersebut di akhir tulisan, namun pertama-tama kita lihat dulu cara membuat website sederhana beserta modifikasi tampilannya.

Untuk menggunakan google site, terlebih dahulu readers harus memiliki akun google tentunya, dan log in ke dalam akun google atau gmail tersebut.

Oke. Bila kesulitan menemukan google sites, kita bisa search di google menggunakan keyword “google sites” atau ketik https://sites.google.com.

Setelah google sites terbuka, pilih “blank”, dan akan muncul blank sites seperti berikut:

tampilan1-6315a05cf22cdd27cb28b463.jpg
tampilan1-6315a05cf22cdd27cb28b463.jpg
 

Blank sites ini merupakan page utama (main page) pada sites yang akan kita buat.

Kita dapat mulai mengutak-atik sites kita dengan meng-klik “Your page title”. Lalu untuk mempercantik, di pojok kiri bawah di bagian title, klik “Change image”, dan pilih gambar yang akan kita jadikan latar dalam segmen “page title” kita.

Setelah itu, kita dapat melanjutkan dengan menambahkan collapsible pada halaman utama ini. Misalnya kita hendak menuliskan informasi mengenai “jenis layanan”, “alamat”, dan “promo of the week” agar tidak terlalu panjang di tampilan, dan audience dapat membacanya lebih lanjut dengan cara mengklik collapsible tersebut. Caranya adalah dengan meng-klik “insert” pada opsi halaman di pojok kiri atas halaman, lalu klik “Collapsible group” di bawah nya. Akan muncul collapsible seperti berikut:

2collapsible-6315a0cf6292e90821658782.jpg
2collapsible-6315a0cf6292e90821658782.jpg
Selanjutnya adalah menambahkan halaman-halaman pada website kita, dengan cara klik “Pages” di kolom sebelah kanan, lalu klik tanda plus “+” di bawahnya. Setelah itu beri nama web page yang akan kita buat, misalnya: “minuman”. Maka akan ter-create halaman dengan tag “Minuman”. Selanjutnya menambahkan halaman (Misal “Makanan”) dapat dilakukan dengan cara yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan