Mohon tunggu...
Yar Agoestian
Yar Agoestian Mohon Tunggu... Freelancer - Just an ordinary man.

Kadang suka nulis sambil rebahan. Apa yang tertulis terkadang adalah sebuah opini.

Selanjutnya

Tutup

Love

Stop Menjadi Royal Sebelum Sakit Hati Kemudian

6 Agustus 2022   11:39 Diperbarui: 6 Agustus 2022   11:58 88 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Artikel yang akan kalian baca ini bisa jadi menceritakan tentang pengalaman saya pribadi. Saya sendiri pernah menjadi seorang yang royal pada sebuah hubungan percintaan yang pada akhirnya menuntun saya pada penyesalan dan sakit hati.

Dalam KBBI secara singkat 'royal' memiliki arti berlebih-lebihan dalam mengeluarkan uang. Dalam dalih karena saya cinta dan sayang saya rela mengurangi dan mengorbankan apa yang saya perlukan hanya untuk seseorang yang belum tentu berakhir sah.

Lalu apa salahnya mengeluarkan uang lebih untuk orang yang bukan keluarga? Toh saya kan cinta, kan saya sayang dan dia juga sayang kok katanya. Pikiran seperti itu pun tidak apa-apa sebab kita manusia yang tidak akan pernah tahu isi kepala dan hati manusia lain itu seperti apa. Bentuk otak dan hati saja sudah berbeda apalagi pikiran dan rasa yang tidak pernah ada bentuknya.

Sebelum terlanjur keluar uang banyak akibat kebodohan yang mengatasnamakan cinta sebelum sah, saya ingin berbagi pengalaman untuk mengatasi ke-royalan dalam hubungan agar tidak menjadi sakit hati di kemudian hari apabila ditinggal pergi.

 1. Jadilah sedikit PELIT
Dari tips awal saja kata pelit sudah saya buat besar-besar yang menandakan bahwa memang menjadi sedikit pelit dalam sebuah hubungan bukanlah sebuah hal yang buruk. Bagaimana pun kamu juga harus mencukupi diri sendiri bukan?

 2. Belajarlah menolak
Tidak melulu semua ke ingin 'ayang' harus kita turuti kan? Apalagi ketika keadaan sedang pas-pasan. Cobalah menolak dengan mengatakan bagaimana keadaan keuangan kamu sebenarnya atau bila mungkin kamu takut dia pergi beri dia setidaknya janji untuk membelikannya, tentunya dengan janji yang benar-benar bisa kamu tepati ya.

 3. Hindari menjadi orang yang lembek dan penakut
Apalagi kalau kamu adalah seorang laki-laki sudah sepantasnya kamu harus tegas tapi tidak kasar ya. Bila pasanganmu mengancam akan pergi maka persilakan saja dan bila memang kamu tidak ingin kehilangan maka cobalah sehalus mungkin beri dia pengertian.

 4. Jangan mudah percaya
Tips ini bukan untuk membuat kamu selalu curiga dan tidak percaya kepada pasangan yang belum sah. Tapi untuk membuat kamu lebih bijak dalam memberikan sesuatu. Bila memang perlu cobalah membatu sedikit atau separuh yang bisa kamu berikan jangan semua, sebab bila apa-apa semuanya kamu yang tanggung maka akan membuat dia ke-enakan dan bisa saja kamu malah jadi sapi perah.

Sedikit tips tadi bisa kamu lakukan untuk menghindari kebobolan dompet akibat ke-royalan kamu. Ketahuilah kemampuan diri sendiri sebab kamu juga perlu bahagia dan juga masih ada orang-orang yang patut kamu prioritaskan lebih dulu.

Namun tips tersebut mungkin saja tidak berlaku bagi orang yang sudah cinta buta. Yaa ... Rasakan sendiri ya akibatnya kalau suatu saat ditinggalkan.

Seperti itu lah tulisan yang bisa saya bagikan. Ingatlah sebelum jatuh terlalu dalam bahwa kamu tidak pernah bisa menjamin kesetiaan seseorang dengan uang. Bila kamu berpikir dengan menjadi seseorang yang royal dengan bisa memberikan uang, memenuhi apapun yang ia mau agar dia mencintaimu. Pikirkan lagi apakah kamu sedang membeli cintanya dengan uang?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan