Mohon tunggu...
Suharto
Suharto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Penulis blog http://ayo-menulislah.blogspot.co.id/, http://ayobikinpuisi.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Menata Ruang Publik yang Diminati Warga

16 Juli 2022   17:40 Diperbarui: 16 Juli 2022   17:41 65 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bermain skateboard di ruang publik (antara.com)

Ruang Publik yang Dekat Rumah

Ruang publik favorit saya ada di komplek perumahan. Jaraknya 300 meter dari rumah. Setiap hari Minggu saya sempatkan pergi ke sana untuk olahraga ringan dan ngobrol sesama warga

Tempatnya di pojok gang. Ukurannya tidak luas. Fasilitasnya lebih banyak berupa mainan untuk anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan prosotan. Tepat di bagian tengah area, dibuatkan tempat duduk melingkar. 

Setiap hari ruang publik itu selalu ada yang memanfaatkannya. Biasanya pagi jam 9. Oma-oma atau asisten rumah tangga mengajak anak asuhannya bermain. Kalau hari Minggu lebih ramai karena digunakan untuk senam massal warga perumahan. 

Membuat Konten

Saya kadang membawa hp dan mengabadikan aneka bunga dari berbagai tanaman yang ditanam di sekeliling ruang publik tersebut. Lumayan bagus untuk diposting di media sosial. 

Sebenarnya kalau kita kreatif, ada banyak ide dan sarana untuk dijadikan konten di ruang publik. Dedaunan kering yang berserakan misalnya, bisa dipotret. Hasilnya dipost ke media sosial. Atau burung-burung yang sedang nangkring di reranting pohon juga bisa divideokan. Pokoknya, kalau pikiran kreatif, semua bahan sudah ada di sekitar kita.

Migrasi Cari Ruang Publik

Belakangan viral berita mengenai sekumpulan anak muda dari luar kota yang berkumpul di ruang publik di Jakarta. Mereka mungkin tidak menemukan tempat berkumpul di tempat asalnya. Mereka akhirnya bermigrasi mencari tempat ideal untuk nongkrong.

Kata berita, anak-anak muda tersebut menjadikan ruang publik sebagai sarana bikin konten untuk dipublikasikan di media sosial. Langkah kreatif yang tentunya bermanfaat. Aspirasi mereka tersalurkan pada kegiatan yang positif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan