Hardiani Rahmania
Hardiani Rahmania

Lahir di Bandung, menghabiskan masa kecil hingga menikah di kota Jakarta. Kini, berdomisili di Kotamobagu, Sulawesi Utara. Aktif di Salimah Kotamobagu, Forum Lingkar Pena Kotamobagu, dan Yayasan Al-Falah Kotamobagu. https://hardianirahmania.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pantai dan Tanjung nan Indah di Tengah Sulawesi Utara

10 November 2018   22:37 Diperbarui: 11 November 2018   00:20 405 1 0
Pantai dan Tanjung nan Indah di Tengah Sulawesi Utara
Ramainya Wisatawan, sumber: dok. pribadi

Bicara Sulawesi Utara, maka yang akan seketika muncul di benak adalah Manado dan Taman Nasional Bunaken. Padahal masih banyak tempat wisata yang tak kalah menarik di sini. Salah satunya adalah Pantai Patokan dan Tanjung Silar yang berada di Desa Jiko, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Salah satu destinasi yang tak kalah dengan pantai-pantai kece di luar negeri dan mirip dengan Pantai Navagio di Yunani (yang ada di drama Korea Descendants of the Sun) ini berpotensi menjadi kebanggaan wisata Indonesia. Pantai ini baru mulai booming di Sulawesi Utara dalam setahun terakhir. Para pemuda karang taruna setempat menginisiasi pembukaan dan pengembangan wisata pantai dan tanjung ini. 

Tak sedikit nelayan yang jadi menyewakan perahunya ketimbang melaut karena membludaknya wisatawan kala itu. Apalagi bertepatan dengan liburan akhir tahun dan tahun baru.

Kalau kamu berasal dari luar Sulawesi Utara, untuk menikmati pemandangan nan indah ini secara langsung kamu bisa terbang ke Manado dengan menaiki pesawat. Sekarang tentu membeli tiketnya semudah memainkan kedua jempolmu di atas gawai. Salah satunya lewat aplikasi Pegipegi yang menyediakan banyak produk untuk mengisi liburanmu.

Dari Manado kamu perlu melanjutkan perjalanan sekitar 180 km ke Kotamobagu menggunakan mobil travel selama 4-5 jam. Jika tiba di Kotamobagu sudah kemalaman, sebaiknya kamu menginap dulu di sana. Aplikasi Pegipegi bisa membantumu mendapatkan hotel yang sesuai budget.

Karena untuk mencapai Pantai Patokan dan Tanjung Silar masih harus menempuh perjalanan sekitar 40 km dengan medan yang naik turun dan berkelok-kelok. Selain itu, kamu masih harus mencari mobil carteran untuk ke sana. Sayang kan kalau sudah jauh-jauh tapi sampai sana sudah keburu gelap. Tapi banyak juga sih yang mendirikan tenda di sana, menanti datangnya matahari terbit.

Sesampainya di Desa Jiko, akan banyak warga setempat yang mengarahkanmu ke untuk menaiki perahu menyeberang menuju Pantai Patokan dan Tanjung Silar. Sebenarnya pantai ini masih berada di Pulau Sulawesi, hanya saja kalau lewat darat harus melewati perkebunan dengan jarak yang lebih jauh. Harga sewa perahunya Rp 20.000,00 per orang atau kamu bisa sewa satu perahu seharga Rp 100.000,00 untuk bolak-balik.

Menaiki perahu nelayan menuju Pantai Patokan, sumber: dok. pribadi
Menaiki perahu nelayan menuju Pantai Patokan, sumber: dok. pribadi
Sampailah di Pantai Patokan. Taburan pasir putih, serpihan terumbu karang dan bekas cangkang kerang menyapa pijakan kakimu. Laut jernih biru muda membuat penatmu hilang seketika. Kami pun menyempatkan bermain pasir dan mengumpulkan cangkang kerang dan bebatuan putih dari pantainya.

Turun dari perahu nelayan, sumber: dok. pribadi
Turun dari perahu nelayan, sumber: dok. pribadi
sumber: dok. pribadi
sumber: dok. pribadi
Eits, masih ada Tanjung Silar yang menjadi incaran wisatawan untuk mengambil foto yang ciamik dan instragamable. Waktu datang ke sana, memang sedang ramai-ramainya sehingga saya sulit mendapatkan foto yang pas di hati. Hikmahnya kami jadi benar-benar menikmati pesona tanjung ini. Kamu pun kalau lihat fotonya akan teringat dengan acara jalan-jalan di salah satu stasiun televisi.

sumber: dok. pribadi
sumber: dok. pribadi
Untuk menuju Tanjung Silar, dari Pantai Patokan kamu harus menaiki bukit yang ternyata adalah tanjung itu sendiri. Kemudian turun untuk bermain air dan pasir di spot terkerennya.

Berusaha dapatkan foto yang tidak banyak orang sebagai latarnya, sumber: dok. pribadi
Berusaha dapatkan foto yang tidak banyak orang sebagai latarnya, sumber: dok. pribadi
sumber: dok. pribadi
sumber: dok. pribadi
Waktu kami ke sana tahun lalu belum ada biaya retribusinya karena masih sangat baru. Kalau sekarang, kamu akan dikenakan Rp 5.000,00. Murah ya dibanding keindahan surga dunia yang kamu nikmati pesonanya.

Potret Tanjung Silar dari atas, sumber: instagram @rendyagusta7
Potret Tanjung Silar dari atas, sumber: instagram @rendyagusta7
Jadi, kalau plesiran ke Sulawesi Utara, jadikan Pantai Patokan dan Tanjung Silar ini sebagai salah satu tujuanmu ya. Walau cukup jauh dari pusat ibu kota, pengorbananmu akan berbuah manis untuk menjadi salah satu liburan dan kenangan terindah.