Mohon tunggu...
Hanifa Rahma Fatiha Azzahra
Hanifa Rahma Fatiha Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi - UIN Sunan Kalijaga

Berusaha berbagi tulisan yang bernilai guna.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Siap Hadapi Ujian: Lawan Rasa Malas dan Menunda-nunda

30 November 2022   16:59 Diperbarui: 30 November 2022   18:30 693
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ujian sekolah (Sumber:  Shutterstock)

Ketika akan menghadapi ujian, sebenarnya lawan kita bukanlah orang lain, melainkan adalah diri sendiri. Terkadang, rasa malas dan menunda-nunda belajar dalam diri kitalah yang membuat kita merasa tidak benar-benar siap menghadapi ujian itu sendiri.

"Duh males banget, belajarnya besok aja deh", "masih ada banyak waktu, nanti aja deh belajarnya", "santai dulu ah, ujiannya masih satu bulan lagi" adalah alasan-alasan yang sering kita dengar untuk membenarkan rasa malas dan berakhir menunda-nunda.

Agar berhasil dalam ujian, kita perlu lawan rasa malas dan menunda-nunda tersebut. Lalu, apa yang menyebabkan kita merasa malas dan suka menunda-nunda? Gimana cara kita mengatasi hal tersebut?

Definisi Malas dan Menunda-nunda

Menurut psychology today, kemalasan berasal dari kata Latin "indolentia," yang menggambarkan keadaan pikiran yang tidak mengenal masalah atau rasa sakit. Sedangkan istilah "penundaan" berasal dari kata Latin "cras", yang berarti "besok".

Definisi menurut Dictionary.com, yaitu "menunda-nunda" berarti sengaja menunda melakukan penyelesaian tugas tertentu, terutama jika itu adalah hal yang penting atau mendesak. Sedangkan kemalasan berarti keengganan untuk bekerja atau berusaha dalam melakukan tugas tersebut.

Misalnya, jika seseorang menunda mengerjakan suatu tugas sampai tepat sebelum tenggat waktunya tanpa alasan, meskipun mereka tahu bahwa akan lebih baik bagi mereka untuk memulai lebih awal. Dapat dikatakan bahwa orang tersebut berarti menunda-nunda.

Jika seseorang tidak mengerjakan tugasnya karena dia tidak mau berusaha, meskipun dia tahu bahwa hal itu akan menghalangi dia untuk mencapai tujuannya. Dapat dikatakan bahwa orang tersebut sedang malas.

Definisi di atas memberi kita perbedaan utama antara penundaan dan kemalasan. Dapat disimpulkan bahwa meskipun penundaan dan kemalasan adalah dua konsep yang berbeda, keduanya juga dapat dihubungkan, terutama dalam kasus di mana orang menunda-nunda, setidaknya sebagian, karena kemalasan.

Apapun itu kemalasan atau kebiasaan menunda-nunda itu sama-sama buruk untuk masa depan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun