Mohon tunggu...
Hana Tsabitah
Hana Tsabitah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Universitas Airlangga

Saya senang belajar hal baru dan mengisi waktu saya dengan mendengarkan musik dan menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pentingnya Afirmasi Positif Bagi Diri

2 Juli 2022   20:45 Diperbarui: 2 Juli 2022   21:02 88 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao


Salah satu lagu yang sedang trend akhir-akhir ini adalah sebuah karya dari tulus berjudul "Diri" yang merupakan sebuah lagu dipenuhi dengan lirik positif yang dapat menenangkan hati, misalnya potongan lirik seperti :

 Kau Terlalu Berharga untuk Luka

 Katakan pada dirimu 

 Semua baik-baik saja.

kalimat positif yang disenandungkan berulang kali ini tanpa sadar membentuk pikiran positif yang menjadi sugesti kepada diri sendiri dan membawa ketenangan hati. sehingga kata-kata tersebut dapat disebut afirmasi positif.

Sebagai manusia pasti kita pernah merasa cemas, takut akan masa depan, atau diganggu oleh pikiran-pikiran negatif. Saat berhadapan dengan situasi tersebut, afirmasi positif kepada diri dapat menjadi solusinya. Afirmasi positif adalah kalimat atau pernyataan positif yang berisi hal-hal baik dan diucapkan berulang kali kepada diri sendiri agar membentuk pola pikir positif dan menghilangkan segala pikiran negatif yang mempengaruhi. Bentuk dari kata-kata positif ini dapat mempengaruhi alam bawah sadar dan membentuk sugesti kepada diri untuk menjadi lebih yakin dan berani. Menurut Walter E. Jacobson, M.D., pikiran dari alam bawah sadar memainkan peran utama dalam aktualisasi kehidupan dan manifestasi dari keinginan diri sendiri. Sehingga, apabila afirmasi positif dilakukan secara rutin maka pola alam bawah sadar kita akan terbentuk dengan hal-hal positif yang memberikan dampak signifikan pada aktualisasi perilaku kehidupan.

Terkadang, manusia suka lupa untuk menghargai dan memberikan afirmasi positif pada dirinya sendiri. Padahal afirmasi positif dapat membawa banyak dampak yang positif, diantaranya :

  1. Menjaga Kesehatan Mental

     pikiran negatif dapat membuat orang menjadi overthingking dan stress, sehingga dengan mengucapkan afirmasi positif dapat        mengurangi gangguan kecemasan dan menjaga agar kesehatan mental tetap terjaga.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

   dengan afirmasi positif, kita menegaskan apa potensi yang dimiliki sehingga kepercayaan diri dapat meningkat.

3. Membangun Motivasi

   afirmasi positif bermanfaat untuk membangun motivasi agar menjadi lebih baik dalam segala hal yang kita lakukan karena perilaku atau tindakan yang kita lakukan dipengaruhi oleh pikiran terlebih dahulu

4. Memberikan rasa nyaman dan bahagia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan