Mohon tunggu...
Gus Noy
Gus Noy Mohon Tunggu... Administrasi - Penganggur

Warga Balikpapan, Kaltim sejak 2009, asalnya Kampung Sri Pemandang Atas, Sungailiat, Bangka, Babel, dan belasan tahun tinggal di Yogyakarta (Pengok/Langensari, dan Babarsari).

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

2019 Ganti Istri

16 April 2018   15:15 Diperbarui: 17 April 2018   00:46 1416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Menjelang Pilpres 2019 saya mengalami kejenuhan membaca berita-berita mutakhir. #2019GantiPresiden. #2019Jokowi2Periode. #2019CakIminCawapres. Lain-lainnya soal partai Tuhan-setan, tokoh dipolisikan, tantangan bertelanjang dada, dan seterusnya.

"Sebaiknya ganti tontonanmu, Ji," saran Demun. "Kamu tidak cocok menyaksikan perkembangan sosial-politik terkini. Politik memang berat. Biar aku saja."

"Eh, Dilan juga berpolitik, ya?"

"Lho iya! Dilan itu bagian dari upaya perpolitikan yang tidak kasat. Makanya tadi aku bilang, kamu tidak cocok."

Ya, mungkin tepat apa yang dikatakan Demun. Saya pikir, Demun memang fasih mengamati dan mengomentari perkembangan sosial-politik karena dia pernah kuliah di bidang sos-pol.

Dulu Demun-lah yang mengenalkan saya pada berita-berita sos-pol, yang paling mustahil bisa muncul di media massa umum. Salah satunya, apa lagi kalau bukan majalah Independent.

Saya sering bengong, kok bisa begitu hal-hal di balik berita umum. Mungkin karena saya berkuliah di bidang teknik, sibuk dengan tugas-tugas yang penuh perhitungan. Lebih bengong lagi ketika beberapa bulan kemudian Demun mengabarkan akan menikah. Sudah 'isi' duluan, kata kawan-kawan kami. Risiko berpolitik kebablasan dalam kamar kos-kosan, kata kawan kami lainnya.

Kalau sudah jodoh, apa boleh buat, pikir saya dulu. Ya, seperti juga politik pasca-reformasi, siapa capres-cawapres, siapa presiden-wakil presiden. Jodoh-jodohan saja.

"Mau ngopi?"

"Nah, itu yang aku tunggu, Ji," jawabnya sembari memberi acungan jempol. "Istrimu di mana, kok dari tadi tidak kelihatan?"

"Biasa, urusan emak-emak kampung, Mun."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun