Mohon tunggu...
Gregorius Aditya
Gregorius Aditya Mohon Tunggu... Brand Agency Owner

Pengamat Industri Kreatif. Pebisnis di bidang konsultan bisnis dan pemilik studio Branding bernama Vajramaya Studio di Surabaya serta Lulusan S2 Technomarketing Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Saat ini aktif mengembangkan beberapa IP industri kreatif untuk bidang animasi dan fashion. Penghobi traveling dan fotografi Landscape

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Belajar Taktik Diskon ala Papaya Fresh Gallery: Menuju Cita-Cita Menjadi Primadona Tersendiri Bagi Pecinta Kuliner

20 November 2023   06:30 Diperbarui: 20 November 2023   08:41 739
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Produk Sushi di Papaya. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Salah satu momok dalam bisnis kuliner adalah adanya food waste. Seorang pengusaha yang memiliki produk makanan sebagai salah satu produk andalannya tentu perlu memikirkan berbagai cara agar ia tidak merugi terus menerus ketika ia menjual barang yang tergolong berpotensi cepat membusuk tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah memberi diskon terhadap barang dagangannya tersebut. Meskipun begitu, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam mendiskon barang.

Salah satu tempat yang cukup dirasa sukses yang saya ketahui pribadi adalah Papaya Fresh Gallery. Di kota saya di Surabaya sendiri, tempat ini memiliki cabang di tiga titik, yakni daerah Darmo Permai (Surabaya Barat), Pakuwon City (Surabaya Timur), dan juga Margorejo (Surabaya Selatan). Bagi mereka yang mengenal tempat ini, salah satu ciri khas yang cukup dinantikan para pengunjungnya adalah diskon 50% ketika jam 9 malam. 

Terdapat 2 jenis kuliner yang disediakan oleh swalayan yang produknya bernuansa produk-produk impor dari Jepang ini, yakni sushi dan bento. Karena berusaha mencoba menghadirkan makanan autetik dari Jepang, hal yang perlu dicatat pengunjung, produk bento dari Papaya sendiri terbagi atas produk babi dan juga non babi.

Sangat umum terlihat pada jam tersebut momen dimana pengunjung harus saling berebut terhadap kuliner yang diincarnya. Tak jarang ditemui bahwa pengunjung sampai rela menunggu setengah jam hingga satu jam sebelumnya untuk mendapatkan posisi yang enak untuk dapat mengambil produk dengan leluasa. Tak jarang pula bahkan ditemui adanya "jasa titipan" dari seseorang yang berkunjung di Papaya untuk menanyakan kepada temannya yang tak mampu hadir apakah temannya itu hendak nitip produk diskon atau tidak.

Pihak Papaya sendiri umumnya untuk menghindari keributan diantara pengunjung pada momen tersebut biasanya telah dibekali oleh SOP dimana terdapat staf yang berjaga untuk memberi aba-aba dan juga sementara menunggu aba-aba terdapat staf yang menghitung stock sambil melabeli makanan dengan sticker diskon, sehingga pengunjung sendiri tidak dapat mengambil seenaknya produk tanpa dimonitoring oleh staf Papaya. Baru setelah seluruh staf Papaya berkata "silahkan" maka "perlombaan kecil" berebut makanan dinyatakan dimulai. Dalam waktu tak sampai lima menit, seluruh makanan tersebut hampir selalu dapat dipastikan ludes tak bersisa.

Apa yang dapat kita pelajari? Berdasarkan kisah di atas, kita mampu belajar sebuah kisah sukses bagaimana sebuah toko retail mampu menerapkan manajemen food waste dengan digabung dengan kombinasi promosi yang unik. Meskipun memang di luar sana terdapat banyak bisnis kuliner yang menerapkan diskon serupa ketika produknya hendak menuju kondisi tidak prima, saya pribadi melihat bahwa strategi ini tidak bisa sembarangan dilakukan tanpa adanya persiapan yang matang. Dalam kasus ini, Papaya dengan jitu menangkap sentimen pasar dan paling tidak menerapkan prinsip-prinsip di bawah ini :

Pilihan menu bento di Papaya. Sumber: Dokumentasi pribadi
Pilihan menu bento di Papaya. Sumber: Dokumentasi pribadi


1. Strategi Pricing yang Hati-Hati

Salah satu hal yang pastinya membuat bertanya-tanya ketika seorang pengunjung mengikuti "hunting diskon" dari Papaya adalah "Apakah Papaya tidak merugi apabila setiap hari melakukan diskon 50% atas produknya ini?". Di titik ini, seorang pebisnis yang bermain dengan faktor harga pastinya telah melakukan analisis cost-benefit secara menyeluruh untuk menilai implikasi finansial dari penerapan strategi diskon setengah harga. 

Pertimbangan akan potensi peningkatan penjualan dan akuisisi pelanggan terhadap penurunan margin keuntungan dan potensi kerugian akibat pembusukan pastinya harus telah diperhitungkan dengan matang sebelum mempublikasikan harga diskon beserta promosinya. Dalam hal ini, andaikan kita berjualan, kita perlu menentukan proyeksi dengan cermat harga barang dengan harga penuh untuk menutupi biaya yang terkait dengan penawaran barang diskon. Margin harga penuh itu pun telah harus cukup untuk mengimbangi penurunan pendapatan dari barang-barang dengan harga 50%.

2. Seleksi Jenis Produk yang Ketat dan Penyimpanan yang Baik

Kombinasi harga tidak boleh terlepas dari pemilihan jenis produk yang sesuai dengan minat pasar dan juga masih selaras dengan jati diri bisnis kita. Dalam hal ini, Papaya sebagai retail produk impor dari Jepang menyesuaikan kondisi dimana mereka memilih menyediakan item makanan Jepang berupa bento dan sushi yang memiliki minat pasar cukup banyak di Indonesia. Tentunya sebagai pemain di kelas menengah hingga ke atas, penyajian produk mereka harus dapat dipastikan memenuhi standar "enak" dari kalangan menengah ke atas dengan bahan-bahan higienis dan pilihan berkualitas tinggi. 

Konsep makanan "enak" dikombinasikan diskon "murah" tentunya menjadi pilihan yang menggiurkan bagi para pecinta kuliner. Pemilihan item yang dapat didiskon ini yang permintaannya tinggi ini juga di sisi lain diimbangi bahwa jenis makanan tersebut memiliki umur simpan yang baik paling tidak untuk satu hari penuh serta penyimpanannya yang dikondisikan dapat bertahan lebih lama. 

Item-item seperti sushi dan bento yang dipasarkan Papaya sendiri dalam hal ini juga diletakkan di pendingin yang menjaga agar tidak cepat membusuk serta memiliki varian yang cukup banyak yang telah distandarisasi kemasannya. Selain itu, terdapat fasilitas penghangatan makanan yang dapat digunakan pengunjung apabila hendak menikmati dalam kondisi hangat.  Hal-hal semacam ini akan membantu memaksimalkan dampak diskon dan meminimalkan kerugian akibat pembusukan. 

3. Pemilihan Timing Diskon

Aspek lain yang amat diperhatikan oleh Papaya dalam promo diskon mereka adalah timing diskon. Waktu diskon ini diberikan oleh Papaya ketika jam 9 malam yang mana adalah satu jam sebelum toko tersebut tutup. Waktu tersebut  diatur oleh Papaya sebagai timing diskon bukan hanya asal-asalan namun memperhatikan aspek-aspek lain seperti efisiensi  yang dilakukan sebelum closing toko, bagaimana agar momen diskon tersebut tidak mengkanibal produk-produk harian hingga memanjakan pengunjung untuk tidak terbatasi jam kerja. 

Konsep dari timing diskon ini adalah bagaimana kita menjadwalkan diskon setengah harga secara strategis untuk menarik pelanggan selama jam-jam di luar jam sibuk pengunjung atau momen-momen ketika bisnis biasanya sepi. Hal ini dapat berfungsi menghasilkan pendapatan tambahan tanpa mengurangi penjualan barang-barang dengan harga reguler.

Seorang pengunjung memfoto pilihan jenis sushi di Papaya. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Seorang pengunjung memfoto pilihan jenis sushi di Papaya. Sumber: Dokumentasi Pribadi
4. Monitoring dan Evaluasi Program terhadap Consumer Behaviour

Pada bagian atas kita sudah membicarakan adanya SOP dimana pegawai Papaya sendiri menjaga dan mengatur timing program promo diskon tersebut. Hal tersebut bukanlah sekedar tanpa arti atau hanya dalam konteks menertibkan pengunjung atau mengecek stock produk yang tersisa untuk dipakai diskon. Upaya ini secara holistik dapat dipandang sebagai sebuah upaya yang dilakukan sebagai bentuk pemantauan terus-menerus atas kinerja strategi diskon setengah harga dengan melacak data penjualan, mengobservasi umpan balik pelanggan, dan melihat margin keuntungan. 

Seorang pebisnis pada hakekatnya perlu mengevaluasi efektivitas diskon secara berkala dan melakukan penyesuaian seperlunya untuk mengoptimalkan hasil. Dengan memahami pola pembelian dan perilaku pelanggan yang memanfaatkan diskon setengah harga, hal ini akan membantu toko menyesuaikan penawaran dan promosinya untuk melayani segmen pelanggan ini dengan lebih baik. Dalam penerapannya, ini sangat membantu Papaya dalam menyediakan hal-hal seperti variasi kombinasi produk yang lebih diminati maupun penetapan aturan promo tersebut yang sampai pada tahap untuk menghindari kecurangan atau vandalisme pengunjung.

5. Manajemen Inventory berbasis Forecasting

Berkaitan dengan aspek monitoring di atas, secara internal pengevaluasian atas program diskon ini juga berdampak pada adanya Manajemen Inventoris yang perlu dipertimbangkan matang. Melalui data produk-produk untuk promo diskon yang diminati, manajemen Papaya sendiri dapat lebih optimal mengendalikan inventaris produk serta mengeliminasi produk-produk yang tidak sebaiknya dilanjutkan apabila sering tidak diambil oleh pelanggan. 

Pengendalian inventaris yang efektif sangat penting untuk mencegah kerugian akibat pembusukan dan penimbunan berlebih. Dari sini, perkiraan (forecasting) permintaan barang diskon secara akurat dan menjaga tingkat inventaris yang sesuai akan membantu mengurangi pemborosan dan memastikan ketersediaan produk diskon.

Produk Sushi di Papaya. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Produk Sushi di Papaya. Sumber: Dokumentasi Pribadi
6. Pemanfaatan Channel Promosi yang Optimal

Papaya sendiri dapat dikategorikan bisnis yang berjalan cukup lama. Ia sendiri memiliki basis pelanggan yang kuat terutama dari channel word-of-mouth di kalangan orang-orang Surabaya. Meskipun begitu, di era digital ini, Papaya turut melangkah pula ke jalur online sehingga ia mendapat pengenalan dan respon yang baik di kalangan yang lebih muda. Melalui pemanfaatan channel promosi optimal semacam ini, sebuah promo diskon tentunya dapat meraih lebih banyak peminat dan dapat menemukan keberlangsungannya.

7. Akses by Membership

Hal yang patut dicatat adalah program Diskon di Papaya ini tidak sembarangan bisa dilakukan semua orang. Seorang pengunjung yang hendak menikmati diskon setengah harga ini memiliki persyaratan harus memiliki akses membership Papaya.  Ini memperlihatkan posisi Papaya sendiri mengadakan diskon tersebut bukan hanya sekedar dalam ranah kecemasan bahwa produknya rawan untuk tidak terjual. Tujuan adanya membership ini justru adalah pada akhirnya memberi penguatan berupa database pelanggan-pelanggan yang secara agresif memiliki daya minat terhadap promo tersebut. Melalui database ini, Papaya dapat semakin kuat memahami sentimen pasar dan menyediakan layanan optimal saat adanya promo tersebut.


Suasana Papaya jam 9 Malam. Sumber: instagram info_surabaya


Konklusi:
Berdasarkan pembahasan di atas, dapat terlihat bahwa sebuah promo setengah harga dapat dimanfaatkan bukan hanya secara pasif dalam konteks kekhawatiran akan adanya waste food yang tidak laku tetapi melainkan juga sebagai upaya aktif menancapkan di benak konsumen bagaimana menjadi primadona dengan caranya tersendiri di kalangan pecinta kuliner. Papaya dengan promo diskonnya yang berlangsung setiap hari pada waktu tertentu di jam 9 malam mampu membalik keadaan dimana ia mampu menghadirkan kuliner yang diminati namun masih dapat diakses dengan harga terjangkau dan banyak varian yang selalu diupdate dan dijaga kualitasnya. Hal semacam ini dapat menjadi inspirasi menarik bagi mereka yang bergelut di bidang usaha kuliner.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun