Mohon tunggu...
Gregor Ferguso
Gregor Ferguso Mohon Tunggu...

Semua yang saya tampilkan, menurut pengalaman dan hasil informasi yang telah saya cari dari sumber terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Komponen Tali "ID Card" yang Menjadikan Modelnya Bervariasi

10 Januari 2019   08:39 Diperbarui: 11 Januari 2019   09:01 0 0 1 Mohon Tunggu...

Talli ID Card, sesuai dengan namanya benda ini merupakan perlengkapan untuk ID card atau tanda pengenal dan fungsinya adalah sebagai gantungan.

Di luar sana kita bisa menjumpai tali tersebut hadir dengan beraneka ragam model. Setiap tali yang dikenakan orang -- orang (terutama yang bekerja di perusahan berbeda) punya keunikan masing -- masing.

Pada sebuah perusahaan model tali memang sengaja dibuat dalam desain yang dicocokan dengan nilai -- nilai identitas perusahaan tersebut.

Sebenarnya variasi tali gantungan ID card ini bisa didapatkan karena adanya beberapa bagian penyusun. Anda sendiri tentu tahu kalau perlengkapan ini bukanlah seutas tali belaka, melainkan ada aksesoris atau komponen pelengkap yang menyempurnakan tampilan dan fungsinya.

Nah, berikut ini adalah komponen tali ID card yang menjadikan modelnya bervariasi.

1. Bahan Lanyard

Bahan lanyard adalah apa yang kemudian kita dapatkan sebagai tali gantungan pada produk ini. Jadi bisa dibilang dari bahan inilah produk tersebut sebenarnya dibuat. Setidaknya ada 3 bahan yang umum dimanfaatkan dan semuanya adalah bahan sintetis polyester, yakni Polyester Tissue (halus), Polyster Nilon (kilap), Polyster Tube (sarung).

Dengan bahan tersebut desain tampilan dari produk tali dicetak melalui 2 metode yakni Digital Printing dan Screen Printing atau yang lebih sering disebut sablon. Setelah melaui proses cetak jadilah bahan lanyard terlihat begitu khas.

2. Kait


Kait juga sering dinamakan Hook, fungsi dari bagian ini sangatlah penting karena keberadaannya memungkinkan kita untuk mengantungkan ID card. Kait sendiri di pasaran bisa ditemukan dalam beraneka jenis bentuk.

Ada yang bentuknya seperti kail pancing namun tertutup, oval penuh, dan sebagainya. Namun secara umum bentuk kait terdiri dari bagian untuk memasangnya pada lanyard dan bagian yang menjadi tempat gantungan kartu.

Nah, pada bagian gantungan kartu tersebut selalu ada celah yang bisa dibuka -- tutup sehingga saat kait disematkan ke lubang kartu maka pasti terkunci dan harus ditekan dulu untuk melepasnya.

3. Stopper

Stopper ialah komponen yang dipasang untuk membagi tali gantungan menjadi 2 bagian. Adapun keduanya masing -- masing adalah bagian atas yang dapat dikalungkan ke leher dan bagian bawah yang terhubung langsung ke kait.

Nah, stopper sendiri berupa semacam kuncian untuk menghubungkan dan memisahkan kedua bagian tersebut. Jadi kompenen ini pun punya dua bagian, satu untuk dipasang pada tali atas dan satu lagi pada tali bawah.

Sama halnya seperti hook, stopper pun tersedia dalam bermacam - macam tipe. Jadi komponen ini pun ikut berpengaruh terhadap model tali gantungan tanda pengenal secara keseluruhan.

Tidak hanya pada tali ID card kamu pun bisa menemukan kompenen tersebut pada tas ransel. Seringkali di bagian gendongan tas pada ujungnya dilengkapi dengan stopper supaya lebih praktis saat akan digunakan.

4. Kesing / Tempat Kartu

Selanjutnya komponen lain yang melengkapi keberadaan lanyard yang telah dicetak adalah kesing atau tempat kartu. Sudah jelas fungsinya adalah untuk menaruh kartu.

Tapi yang dimaksud disini bukan kemudian setelah kita memasukan kartu ke dalamnya lalu kita menyimpannya di dalam dompet atau tas.

Wadah kartu ini memiliki lubang di bagian atas. Dengan demikian memungkinkan kartu yang tidak dilubangi untuk tetap bisa digantung.

Kesing kartu punya banyak pilihan warna. Jadi setelah tali gantungan tanda pengenal didapatkan, supaya lebih sepadan warna kesing bisa disesuaikan dengan warna dominan pada tali.

Ya, itu dia beberapa komponen tali id card. Karena dari masing -- masing komponen tersebut ada aneka pilihan model dan warna, maka dari  tiap pilihan bisa menghasilkan model yang unik saat dikomposisikan.