Gina Aulial
Gina Aulial Mohon Tunggu... -

I am a rider of my life, I try to be a good drive to the road :)

2 Negara 3 Kota Besar dengan Bujet Minim

16 Agustus 2018   05:12 Diperbarui: 16 Agustus 2018   05:30 472

Hey para uliners ini pertama kalinya saya menulis untuk para uliners haha, disini saya akan sharing pengalaman saya tentang perjalanan saya backpacker ke negeri sebrang sekaligus 2 negara 3 kota besar yaitu Kuala lumpur (Malaysia), Melaka dan Singapore dalam waktu 1 minggu sajaa dan moment ini walapun 3 tahun silam berkesan banget guys :) yaps 2015

Sebelumnya kita kenalana dulu ya karena ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang hahah , saya Gina Aulial salah satu founder Uliner juga dan Trip kali ini saya di temani oleh sahabat saya Ghita haifa liburan ini kita beri #hastag  GinaTata_holiday

yeaah okey chekidot!!!

Sebenarnya di awali saya dan teman saya sudah sering membicarakan tentang plan trip kita ke negeri orang tapi baru kemarin agustus-september 2015 inilah rencana kita berhasil kita capai walapun awalnya kita berencana Ng-trip ke Bangkok thailand tapi saat kejadian 18 agustus 2015 yang menerpa Bangkok itu kita mengalihkan Planning kita ke singapore, lalu kita mulai cari tiket pesawat kebetulan kita mempunyai contac bbm jasa penjualan tiket pesawat dan kereta api yaitu Juragan Tiket (@juragantiket) tetapi sebelumnya kita berdiskusi terlebih dahulu akan berapa hari di sana, agar sekaligus mencari tiket yang PP alias pulang-pergi, dan karena libuan kita cukup panjang kita merencanakan 1 minggu , tapi kalian perlu tau juga kita ng-trip backpacker dengan budget yang minimal mungkin loh dengan tekad niat yang kuat apapun nanti yang terjadi kita hadapi. Dan ternyata kita mendapatkan promo tiket pesawat air asia PP dengan budget 746.902 rupiah kehitung murah kan ya, yap kita putuskan untuk mengambil tiket tersebut.  Setelah itu kita mulai merencanakan planning trip di sana mau ngapain aja, mengingat saat itu nilai rupaih anjlok terhadap nilai Dollar saya merencanakan agar tidak terlalu lama menetap di singapore mengingat biaya hidup di sana mahal sekarang nilai Dollar sudah mencapai 10.000 kan lalu kita memutuskan trip sekaligus ke malaysia dan melaka karena biaya hidup di malaysia dan melaka lebih murah di bandingkan di singapore.  Dan di mulai lah kita membuat itinerary dengan bantuan bantuan searching di mbah goggle dan blog blog orang. Oke fix planning itenary kita ke Singapore , Kuala Lumpur , melaka ,singapore

Hari pertama 1 September 15

Saya dan teman saya sampai di Bandara Husein Sastranegara sekitar pukul 09.30 pagi dan ketika itu kita langsung masuk mengingat jadwal flight kita pukul 10.40 lalu sampailah di Airport Changi singapore sekitar pukul 13.54 waktu singapore, perjalanan Bandung singapore hanya menempuh sekitar 1.55, 2 jam kurang lah ya jadi tidak terlalu lama. Sempat memomen kan foto untuk uliner nih.

Sesampai di airport changi kita sampai di terminal 1 yap airport changi terkenal dengan super ketat dan kita di suguhi indahnya dan luasnya pemandangan yang ada di airport changi memang top deh betah sepertinya kalau di suruh menginap di sana tetapi sekali lagi airport changi super ketat jadi bisa bisa kalau kamu mencoba menginap semalam di airport changi akan di todong dengan beberapa pasukan keamanan disana hehe . lalu  untuk menuju keluar airport changi harus menyebrang ke terminal 3 kita di fasilitasi seperti MRT dan itu  free ,oh iya sebagai informasi  kalian kalau berada di singapore fasilitas transportasi bisa memakai MTR yaitu seperti kereta listrik itu dan kalian harus mempunya card EZ-link sebagai alat pembayaran memakai transportasi di singapore, setelah sampai di terminal 3 dengan melewati imigrasi terlebih dahulu saya langsung membeli EZ-link dengan seharga 12$ dengan isi cardnya 7$.

(card EZ-link)

Karena awal destinasi setelah di singapore adalah kuala lumpur (malaysia) setelah itu sekitar pukul 16.30 kita pergi dari changi menuju woodlans memakai MRT dengan harga 3$. di woodlans adalah tempat cek imigrasi dari singapore ke johor bahru  (johor adalah perbatasan singapore dan malaysia yang sudah berada di negara malaysia) setelah cek imigrasi kita memakai bus alias bahasa melayunya (bass) dari woodlans to johor bahru,

(tempat imigrasi di woodlans)

setelah itu saya dan teman saya mencari arah petunjuk tapi saat itu arah pentunjuk menuju johor ada di tepi ujung sana dan disana  ada polwan di sekitar situ dan kita langsung menanyakan arah ke johor "excuse me mis, where bus going to johor?" dan ternyata kita salah arah kita harus balik lagi keujung lagi yang tadi dan ke arah kiri untuk menemukan bass arah johor, dan itu lumayan jauh dengan berat hati tapi tetap tersenyum dan kita tetap tertawa kita balik menulusurinya lagi, di awal petunjuk kita diarahkan untuk menuju johor memakai bass nomor 950 ya tetapi kita menemukan petunjuk lagi bahwasanya ke arah JB sentral kita bukan memakai bass 950 kita menanyakan ke petugas kebersihan ternyata dia tidak bisa bahasa inggris tapi kita tangkap bahasa isyarat dia menunjukan sama saja kalau melewati kedua petunjuk itu tapi saya kurang yakin dan tema saya akhirnya mengajak antrian ke yang JB sentral, saat itu di woodlans saya melihat orang orang berlari-lari menuju bass yang akan di tumpangi saking takut ketinggalan bass nya itu dia meloncat garis antrian pagar dan saya pun terkaget , dan saat kita sedang mengantri saya melihat ada bass nomor 950 saya langsung tesontak kaget dan bilang ke keteman saya " teh itu bass no 950, kita harus naik itu " temen saya menjawab " tapi teh ini antrain nya sudah panjang" , saya tidak pikir panjang lagi karena kita tidak mungkin menulusuri antrian panjang untuk balik lagi dan saya saking takutnya ketinggalan bass 950 itu saya meloncat pagar antrian, dan temen saya kaget aku pun menyuruh ayoo kamu bisa bass bentar lagi lanjut pergi dan akhirnya dia meloncat juga dan orang sekitar melihat kita dan kita saling menatap dan kita tertawa dan bilang bodo amaat hahahaha kita terus tertawa sampai di bass 950 itu sampai akhirnya ada seseorang yang menanyakan kita "dari negara mana kalian?" memakai bahasa melayu , dan kita jawab indonesia lalu akhirnya kita ngobrol sama orang itu dan dia menanyakan "kalian tau arah jalan daerah disini?" kita jawab "tidak tahu" , dan dia berniat menolong kita sampai menemukan transportasi menuju KL (Kuala lumpur) sentral , rencana kita kan dari JB sentral menuju KL sentral memakai kereta , dia agak menunjukan mimik wajah aneh dan menanyakan lagi kepada kita "memang kalian mempunyai SIM?" Dan ternyata saya baru ingat bahasa melayu kereta itu mobil haha , kita alihkan "No but we can use train, sir" . dan dia baru mengerti "oh train haha" dia pun tertawa , di JB sentral dekat dengan mall dia bilang "kalian bisa pusing pusing dan membeli belah di sana" , kita bilang "sorry,what's mean  pusing-pusing and membeli belah?" dia pun menjawab "pusing pusing Like walk around and membeli belah like shoping" hahha kita ketawa semua oh indonesia dan melayu is deferent languange you know hahah, setelah kita di tunjukan untuk membeli tiket train atau (KTMB) harganya 33 RMY second class.