Mohon tunggu...
Gariza A Robbani
Gariza A Robbani Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Jadilah mata air yang jernih yang memberikan kehidupan kepada sekitarmu

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Bahaya 'Si Boros' dan Penyangkalnya

25 Juli 2021   17:13 Diperbarui: 25 Juli 2021   17:21 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

"Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. 

(QS. Al A'raaf [7]: 31)

Ayat ini memberikan kebijaksanaan jasmani dan maknawi kepada kita para manusia dalam bentuk perintah untuk hidup hemat dan sekaligus larangan tegas hidup berlebihan.

Alas Kata

Allah Yang Maha Pengasih telah memerintahkan kita untuk bersyukur atas kucuran nikmat padanya. Kemestian bagi kita untuk menghormati nikmat tersebut dengan hidup hemat karena ialah wujud syukur kita yang akan membawa kepada kehormatan, keberkahan, kesehatan jasmani, sekaligus kunci untuk merasakan nikmat Allah yang tersembunyi.

Sedangkan hidup boros merupakan bentuk meremehkan terhadap nikmat-Nya dan menggelincirkan kita kepada kehinaan meminta-minta. Tentu saja nilai ini bertentangan dengan sejatinya syukur itu sendiri.

Awal Mula Serangan 'Si Boros'

Sang Pencipta mencipta segala entitas di alam ini penuh dengan hikmah, termasuk jasad manusia. Ia ciptakan jasad manusia layaknya Istana Merdeka yang megah nan indah. Lazimnya setiap istana pasti memiliki penjaga atau sekuritinya, maka Allah pun menjadikan lidah yang memiliki daya rasa sebagai penjaga untuk istana jasad. Si Penjaga ini merupakan penghalang terdepan jika ada zat-zat berbahaya yang hendak melintas. 

Naasnya penjaga ini, dia hanyalah sekedar penjaga. Ketika penguasa Istana Jasad yaitu si Perut mendapat hadiah sejumlah 100, si Penjaga bernama "Lidah" ini cuma mendapatkan lima persennya saja. Mengapa begitu? Hal ini ditujukan agar si Penjaga tidak lupa diri dan sadar akan tugasnya, sehingga ia tidak mau disogok oleh zat berbahaya yang mau menerabas.

Kurang lebih seperti ini, ada kentang rebus seharga tiga ribu dan French Fries seharga lima belas ribu. Sebelum dimasukkan ke mulut, asal muasal kedua makanan itu sama-sama tak memiliki perbedaan. Setelah masuk ke mulut dan turun ke perut pun tidak ada perbedaan. Bahkan bisa jadi kentang rebus yang tiga ribu itu lebih bermanfaat dan lebih bernutrisi bagi pertumbuhan kita semua. Jadi, sebenarnya tidak ada perbedaan kecuali kenikmatan pada daya rasa selama tigapuluh tiga kunyahan. Coba pikirkan, buat apa mengeluarkan lima belas ribu hanya untuk memenuhi kenikmatan selama tigapuluh tiga kunyahan itu?

Jika si Lidah mendapat sogokan sepuluh kali lebih besar dari hadiah untuk Si Pemilik Istana yaitu Perut, maka dia akan lupa diri sehingga dia lalai akan tugasnya dan membahayakan seluruh istana. Dia akan merusak istana dengan membiarkan masuk zat yang telah menyogoknya itu, sehingga berakhir jasad itu di ruang MCU mengadu pada dokter,"Mohon sembuhkan perutku ini, dokter."

Permisalan tersebut hanyalah setitik dari ratusan ribu bentuk boros yang manusia tampilkan dalam hidupnya. Adanya permisalan tersebut bukan larangan agar kita tidak boleh memberikan kenikmatan pada daya rasa kita. Bukan! Daya rasa boleh mendapatkan kenikmatan tapi dengan syarat tidak berlebihan, halal, dan tidak menjadi sebab untuk mengemis. Kenikmatan yang didapat daya rasa itu seharusnya menjadi wasilah kita memperbanyak syukur kepada Dzat Pemberi Nikmat itu.

Kalaulah kita sudah paham bagaimana asal muasal "si Boros" itu menyerang kita, marilah beralih menuju bahaya dan akibat dari serangannya.

Bahaya & Akibat 'Si Boros'

Pada umumnya, sikap boros dan berlebihan memunculkan ketamakan. Menurut Ustadz Said Nursi, ketamakan itu memiliki tiga anak:

  • Tidak Pernah Merasa Cukup

Kondisi ini menyebabkan seseorang malas berusaha, membuatnya selalu mengeluh, serta terjatuh ke jurang kemalasan. Akibatnya, ia lebih mengutamakan uang haram yang bisa didapat tanpa usaha dan lelah. Sikap konsumtif semakin tinggi tetapi sedikit yang mau produksi. Demi hal itu pula dia menggadaikan kehormatannya. Sering kita lihat, banyak orang yang lebih mengutamakan nikmat yang instan dan besar dibanding mesti memulai start dari titik terbawah.

  • Malang dan Merugi

Orang yang tamak tidak akan pernah mencapai tujuannya dan ia akan merasa selalu sulit. Ketidakmampuan binatang cerdik seperti rubah yang kurus dalam memperoleh makanan akan berbanding terbalik dengan gemuknya ikan yang makanannya datang sendiri, dan dia merasa cukup dengannya. Qana'ah yang dimiliki ikan tersebut membuak rezekinya datang sendiri kepadanya secara sempurna. Di sisi lain, kita selalu melihat rubah yang tidak pernah puas mencari mangsa sehingga dapat dibodohi oleh kancil. Semua itu menegaskan bahwa ketamakan hanya mendatangkan kepenatan dan kesulitan.

  • Ketamakan menodai keikhlasan dan merusak amal ukhrawi

Kalaulah seorang mukmin yang bertakwa memiliki sebiji dzarrah ketamakan dalam dirinya, biji itu akan tumbuh menjadi riya'. Orang yang senantiasa mengharap apresiasi, dia tidak akan mencapai hakikat keikhlasan. Hatinya yang tidak tenteram akan selamanya diperbudak oleh manusia. Pondasi dari tembok amal ukhrawi akan dirongrong oleh sifat riya sampai runtuh.

Penyangkal 'Si Boros'

Kita telah memahami bahwa sikap boros dan berlebihan itu tidak memberikan nikmat terutama nikmat maknawi. Bahkan sikap boros ini dapat menjerumuskan kita ke dalam 'nafsu ammarah' yang dapat menghancurkan kebahagiaan abadi. Maka Allah SWT sang Dokter dari segala penyakit telah memberikan kita penyangkal dari penyakit 'Si Boros' ini melalui kekasih-Nya, Rasulullah SAW

"Qana'ah merupakan kekayaan yang tak pernah musnah"

Qana'ah merupakan sumber ketenangan, keberkahan, dan kecukupan. Qana'ah menjadikan seorang hamba lebih bersyukur karena ia layaknya orang miskin. Dengan rahmat-Nya, Allah izinkan orang miskin dapat merasakan kelezatan nikmat-Nya seperti orang kaya. Orang miskin merasakan kelezatan ketika memakan roti keras dan bersyukur karenanya. Tetapi orang kaya senantiasa tidak tenteram meskipun ia memakan steak setiap hari ketika ia lebih mngkhawatirkan hartanya dibanding orang disekitarnya.

Ketika sikap boros menjadikan seseorang malas berusaha, sikap Qana'ah menjadikan seseorang memiliki etos kerja yang tinggi.Sebab, ketika dia bekerja dan sore harinya mendapat upah, maka dengan penuh keyakinan ia akan bekerja kembali esok harinya berkat prinsip qanaa'ah yang ia miliki.

Lihatlah, betapa qana'ah-nya burung. Dia pergi mencari makan di pagi hari sembari bertasbih kepada Sang Pencipta. Karena dia tidak pernah mengeluh atas pemberian-Nya, maka Sang Pencipta mengganjarnya makanan yang cukup untuk satu keluarganya. Dan esok harinya pun demikian. Sehingga tak perlu dia untuk boros,rakus, apalagi sampai mengambil hak binatang lain karena dia yakin Allah akan senantiasa mencukupinya.

Dirujuk dari Cahaya Kesembilan Belas Al Lama'aat karya Badii'uzzamaan Said Nursi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun