Mohon tunggu...
FRISCA AYU PUJA
FRISCA AYU PUJA Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Menyalurkan ilmu dan passion dalam tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Sejarah dalam Pembangunan

29 November 2021   09:37 Diperbarui: 29 November 2021   09:47 93 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejarah sebagai perbandingan

 Yaitu membandingkan pembangunan di suatu tempat pada tempat lain, Misalnya keadaan Jayapura Papua sesudah di bangunnya Jembatan Youtefa.

 Paralelisme sejarah

Paralelisme artinya sejajar, paralelisme sejarah yaitu kesejajaran  kejadian masalalu dengan masa sekarang, adanya paralelisme sejarah yaitu untuk menangani masalah sekarang dengan mencontoh solusi dari kejadian masalalu karena sejajar, misalnya Taktik gerilya karya A.H Nasution yang di adopsi oleh Vietnam untuk melawan Amerika Serikat.

Evolusi sejarah

Evolusi bisa juga di katakana sebagai pertumbuhan atau perubahan sedangkan evolusi sejarah yaitu untuk mengetahui suatu permasalahan pembangunan dengan melihat evolusi dari pembangunan tersebut, misalnya untuk mengetahui penyebab sebuah kemacetan yaitu karena tingginya minat konsumen dalam membeli transportasi [motor,mobil, dsb] hal ini dapat dilihat dari perkembangan ekonomi atau liberalisasi ekonomi.

Kasus-kasus dalam pembangunan

Dalam menghadapi permasalah, mempelajari sejarah pembangunan, seharusnya kebijakan pembangunan hari ini harus lebih baik daripada kemarin begitupun kemudian hari, permasalahan pembangunan dapat kita lihat dari beberapa faktor, antara lain :

  • Pembangunan ekonomi                                                                                                                                                                                             
  • Pembangunan ekonomi tak lepas dari pertumbuhan ekonomi, dari sisi sejarah kita dapat melihat perkembangan dari setiap periode kepemimpinan presiden di Indonesia Yang pertama pada masa pemerintahan Soekarno ekonomi Indonesia sangat tidak stabil karena negara ini baru merdeka dan tentunya keuangan sudah habis entah untuk biaya perang, kerusakan, dsb selanjutnya pada masa Soeharto yang mencoba memperbaiki perekonomian Indonesia dengan berhutang ke luar negeri dan pembangunan ekonomi pada presiden-presiden selanjutnya misalnya.
  • Pembangunan pertanian                                                                                                                                                                                                                
  • Karena profesi sebagian besar  penduduk Indonesia adalah petani atau disebut dengan negara agraris maka hal ini menjadi sector utama untuk pembangunan Indonesia, Dalam permasalahan pembangunan pertanian Indonesia pernah mengalami masalah surplus pangan padahal hal ini seharusnya tidak terjadi karena dalam mengambil kebijakan tidak mencontoh kejadian masalalu agar tidak terulang atau kurang melibatkan sejarawan.
  • Pembangunan pendidikan                                                                                                                                                                                                          
  • Tidak bisa di pungkiri, Bangsa yang maju tidak luput dengan pendidikan, jika seseorang berharap negaranya maju maka pendidikannya tentunya harus sangat baik karena dengan pendidikan orang jadi tahu, dan menjadi pilar penyadaran akan pentingnya sebuah bangsa yang tumbuh.Dalam memajukan sebuah negara juga menjadi sarana, misalnya dengan berpendidikan orang miskin bisa menjadi seorang pengusaha sukses, bupati, presiden.
  • Pembangunan Agama                                                                                                                                                                                                                        
  • Dalam sejarah , agama memiliki nilai yang sangat penting didalam pembangunan negara Indonesia, tetapi tidak semua agama di akui sama di negara Indonesia, karena Indonesia hanya mengakui lima agama sebagai pilar sila pertama dalam Pancasila yaitu agama Islam, hindi,budha, Kristen, dan konghucu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan