Mohon tunggu...
DINDA AULIA
DINDA AULIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas tanjungpura

mahasiswa ilmu pemerintahan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran Mahasiswa dalam Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian

26 Maret 2024   08:27 Diperbarui: 27 Maret 2024   13:39 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi

Perekonomian di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 5 persen dimana kondisi ini terbilang cukup baik dan stabil tetapi tetap mengalami penurunan walaupun tidak cukup drastis. Namun, Indonesia masih termasuk negara berkembang dimana masih banyak sekali masalah perekonomian seperti kemiskinan, kesenjangan sosial, dan angka pengangguran yang tinggi.

Kemiskinan merupakan masalah yang paling serius di dalam perekonomian Indonesia. Kemiskinan adalah keadaan dimana seseorang itu tidak memiliki akses yang memadai terhadap ekonomi. Seperti uang, pekerjaan, makanan dan lainnya. Sehingga mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar untuk kehidupan yang layak.

Salah satu penyebab tingkat kemiskinan Indonesia yang tinggi adalah tingginya angka pengangguran, pada bulan Agustus tahun 2023 jumlah pengangguran mencapai 7,86 juta orang. Hal ini dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan dan ketidakmampuan masyararakat Indonesia untuk bersaing di pasar asing.

Perbaikan untuk mengatasi masalah masalah perekonomian tersebut tidak hanya dari sektor formal saja, kita sebagai mahasiswa sebenarnya memiliki peran yang cukup penting dimana kita dapat mengambil langkah kecil yang bisa berdampak kuat dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Seperti mengatasi masalah kemiskinan yang menjadi masalah utama dalam perekonomian Indonesia.

Berdasarkan pengalaman pribadi, di bawah ini adalah contoh dari langkah kecil yang bisa kita ambil untuk membantu mengatasi masalah perekonomian indonesia antara lain:

1. Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Lebih Tinggi

Sebagai seorang anak yang berasal dari keluarga ekonomi menengah, saya memutuskan untuk mengambil langkah memperbaiki perekonomian keluarga, yaitu dengan cara melanjutkan Pendidikan ke jenjang universitas. Mengapa demikian? Karena dengan Pendidikan yang baik seseorang dapat meningkatkan akses, keterampilan, produktivitas dan kemampuan pemahaman yang lebih baik. Seseorang yang berwawasan luas tentunya akan diterima dengan baik dalam dunia pekerjaan.

Tentunya kita berharap setelah menyelesaikan pendidikan ini akan dapat bekerja dengan gaji yang memuaskan di tingkat lokal maupun internasional sehingga dapat mengurangi resiko kemiskinan. Dengan berkurangnya kemiskinan maka kesenjangan sosial juga akan berkurang.

2. Memanfaatkan Pengembangan Teknologi

Perkembangan teknologi juga menjadi pengaruh banyaknya angka pengangguran, sebab banyak sekali hal hal yang diselesaikan dengan canggihnya teknologi dan tidak lagi memerlukan tenaga dari sumber daya manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun