Mohon tunggu...
Florensia Prihandini
Florensia Prihandini Mohon Tunggu... Penulis - Lifestyle Blogger

Hobi cerita di sini dan di blog bundanyacinta.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Optimasi Media Sosial dengan Content Plan

4 Mei 2023   05:00 Diperbarui: 4 Mei 2023   05:16 1701
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Welcome to celotehan Bundanya Cinta, single mom yang selalu ceria dan gak bisa berhenti berkarya. Asik!

Buat teman-teman yang sudah lama ikutin ceritaku di Kompasiana, tentu tau dong kalau salah satu profesi yang kugeluti secara freelance adalah sebagai Social Media Specialist. Kalau dulu, mungkin orang-orang gak ngeh sama kerjaan ini. Tapi, lambat laun profesi ini makin terkenal dan banyak dijumpai di laman-laman situs lowongan pekerjaan.

Ini karena dunia pemasaran/ marketing sekarang gak hanya menguasai dunia offline, tapi juga merambah ke dunia dalam jaringan online. Jika keberadaan suatu brand atau personal ingin tetap eksis, maka mengikuti perkembangan digital branding & marketing wajib banget hukumnya.

Berbagai platform media sosial yang dikelola oleh Social Media Specialist seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan YouTube. Banyak ya? Iya, buanyak banget sampai kadang oleng, bingung mau ngerjain yang mana dulu, hehehe...

Karena banyaknya media sosial yang dikelola itulah, maka diperlukan perencanaan konten yang perlu dibuat secara matang. Perencanaan ini disebut juga sebagai content plan, yang disusun berdasarkan riset, tren, dan strategi supaya media sosial tersebut dapat berfungsi dengan optimal.

Content Plan dan Optimasi Media Sosial

            Content plan biasanya dibuat dalam bentuk tabel, yang terdiri dari beberapa kolom. Apa saja komponen yang ada pada tabel tersebut? Berikut penjelasannya:

Waktu dan Tanggal Tayang Konten

Ini merupakan patokan agar Social Media Specialist bisa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk membuat konten. Cantumkan hari, tanggal, bulan, dan tahun agar informasinya jelas, ya.

Tema Konten

Tema konten merupakan pengaplikasian prinsip content pillar pada media sosial. Content pillar adalah pedoman yang dapat kita gunakan untuk memastikan bahwa konten yang dibuat sudah sesuai dengan branding perusahaan dan sesuai dengan target audiens yang dituju.

Sebagai contoh, jika akun yang kalian kelola adalah akun komunitas kepenulisan, maka content pillar nya adalah:

  • Tokoh
  • Diksi
  • Update Kegiatan Komunitas
  • Tulisan Minggu Ini
  • Tips
  • Games

Referensi

Setelah tema konten ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah mencari referensi konten sejenis. Jangan lupa, gunakan sistem ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Isi Konten

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun