Mohon tunggu...
Fauziyyah Suci N
Fauziyyah Suci N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hello aku Fauziyyah Suci. Aku suka jalan-jalan dan menyendiri.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Wisata Hidden Gem di Bandung Timur, Wetland Park Cisurupan

12 November 2022   03:00 Diperbarui: 12 November 2022   03:13 385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

        

Salah satu hidden gem menarik yang ada di Bandung Timur yaitu Wetland Park Cisurupan. Suasana yang asri membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi. Wetland Park Cisurupan ini berlokasi di Jalan Cilengkrang 1, Kota Bandung. 

Tempat ini cocok juga untuk anak-anak, keluarga ataupun untuk para siswa-siswi belajar di alam bebas karena selain bisa menikmati pemandangan yang telah disuguhkan Wetland Park Cisurupan juga menjadi ruang edukasi. 

Di dalam Kawasan ini terdapat 19 kolam retensi, sebuah rumah kompos, terdapat septic tank juga gazebo kreatif multifungsi. Selain itu juga, terdapat gambar mural warna-warni yang sangat indah dan cocok untuk dijadikan spot foto bagi kalian para pengunjung yang suka berfoto dan memposting nya di media sosial kalian.

foto mural warna warni/dokpri
foto mural warna warni/dokpri

Keberadaan area hijau dan beberapa kolam yang menjadi Kawasan untuk menguatkan sistem tata air aliran sungai Cinambo ini yaitu Sungai Ciloa. Karena pada musim hujan, Wetland Park Cisurupan akan menjadi tempang penampungan air dari Sungai Ciloa jika sungai ini meluap, sehingga tidak akan terjadi banjir di wilayah Gedebage dan sekitarnya. Wilayah Gedebage sering terjadi banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi di Kota Bandung. Sehingga dengan adanya area ini kurang lebih nya dapat mengurangi terjadinya banjir di kawasan tersebut.

Wetland Park Cisurupan selain berfungsi sebagai penampungan air sementara, tempat ini juga difungsikan sebagai tempat wisata. Banyak ikan hias di setiap kolam yang ada di tempat wisata ini. 

Hal ini menjadi solusi yang ampuh dalam menghindari banjir yang sering terjadi di Kota Bandung. Sebenarnya air  merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Kita sebagai manusia harus pandai dalam menggunakan air tersebut. 

Jangan sampai kita beranggapan bahwa karena hujan jadi banjir, hujan itu adalah rezeki yang telah diberikan Allah kepada umatnya. Sehingga kita harus pandai menggunakan air.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Tempat ini menjadi ruang edukasi tentang flora dan fauna yang bisa meningkatkan pengetahuan serta empati dari masyarakat mengenai betapa pentingnya sistem ekologi. Saat ini juga sedang dilakukan pembangunan benteng di sekitar pendopo atau rumah gubuk atau saung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun