Mohon tunggu...
Faradiba Artyani Shafa
Faradiba Artyani Shafa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Travelling dan kulineran.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Cita Rasa Surabaya yang Ditemukan di Yogyakarta

25 Juni 2022   18:38 Diperbarui: 25 Juni 2022   18:39 256 10 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gerobak Tahu Tek Pak Marju, Sumber : Penulis

Seperti yang kita tahu, Surabaya terletak di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai beragam jenis kebudayaan seperti Pakaian Adat, Senjata, Alat Musik, Bahasa, dan Makanan. Salah satu makanan khas Surabaya adalah Tahu Tek. Tahu Tek merupakan makanan khas Surabaya dengan bahan dasar tahu yang di lumuri bumbu kacang yang menampilkan cita rasa Manis Gurih.  

Makanan ini disebut Tahu Tek dikarenakan dulunya pedagang tahu ini berkeliling dari kampung ke kampung, dan setiap keliling pedagang ini selalu memukulkan wajan dengan sendok atau suntil sehingga terdengar suara "tek tek tek" yang nyaring. Kemudian suara khas tersebut menjadi penanda saat penjual tahu tek lewat depan rumah.

Ada juga yang mengatakan jika tahu tek ini dinamakan demikian karena suara yang dihasilkan gunting saat memotong bahan-bahan untuk membuat tahu tek. Memang berbeda dari yang lainnya, cara memotong bahan-bahan seperti lontong, tahu, dan mentimun memang menggunakan gunting bukan pisau. Tapi apapun filosofi dibalik keunikan nama tahu tek tetap tak mengubah rasanya yang luar biasa. Salah satu Tahu Tek yang saya ketahui daerah Bantul, Yogyakarta adalah Tahu Tek milik Pak Marju.

Beliau mulai berjualan dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 20.00, untuk lokasi beliau biasanya berdagang disekitar jalan wirobrajan. "Saya mulai berjualan Tahu Tek pada tahun 2006" Ujar Pak Marju. Sebelumnya beliau pernah berjualan Sate Madura, alasan tidak berjualan Sate Madura lagi dikarenakan saat itu sedang ada wabah flu burung sehingga mengakibatkan jualannya tidak laku.

"Saya sangat menyukai Tahu Tek Pak Marju ini dikarenakan memiliki rasa yang unik yang tidak bisa saya coba di daerah kampung halaman saya di Bengkulu" Ujar Chaca salah satu pelanggan Tahu Tek Pak Marju.

Resep Khas yang pak Marju gunakan adalah Petis yang berasal dari Madura, kampung halaman pak Marju sendiri. Petis Madura yang Pak Marju gunakan terbuat dari sari udang.  Dan tahu tek terbuat dari campuran beberapa bahan seperti toge, mentimun, lontong, sambal kacang, tahu putih digoreng lalu dicampuri telur, dan dilumuri bumbu kacang yang sudah dicampuri petis Madura. Penampilan dari makanan ini memang mirip seperti ketoprak, akan tetapi yang membedakan Tahu Tek dengan ketoprak adalah sambal kacang dicampuri petis.

Untuk petis banyak ditemukan di beberapa daerah di pulau jawa, seperti Madura, Boyolali, Cirebon, Sidoarjo, dan beberapa daerah lainnya. Khusus petis khas Madura mempunyai teksture yang kental, liat, dan elastis, berwarna hitam atau cokelat tergantung dari jenis bahan baku yang digunakan. Sesuai dengan teksturenya yang setengah padat, petis umumnya diperdangkan dalam kemasan toples, gelas jar, atau botol plastik berukuran kecil.

Biasanya tahu tek memiliki 2 varian menu, yang terlihat sama tapi juga tidak terlalu berbeda. Untuk variannya tahu tek biasanya, ada yang pakai telur, ada juga yang tidak menggunakan telur. Untuk soal bumbu dan rasa tentunya sama, Cuma yang membedakan sepotong telur dadar yang disajikan diatasnya.

Makanan ini bisa menjadi salah satu opsi untuk dijadikan makanan pokok dikarenakan memiliki cita rasa yang unik, nikmat dan memiliki harga Rp. 12.000/porsi yang sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan