Finansial Pilihan

Draf Proposal Tesis Wakaf Uang

11 Februari 2019   16:05 Diperbarui: 12 Februari 2019   13:12 28 1 0

PROPOSAL

NAMA       : FAJRIN TAKRIM RIVAI

NIM             : 12.201.011

JUDUL       : WAKAF UANG DI DUNIA ISLAM

LATAR BELAKANG

Wakaf merupakan salah satu Pilar Islam yang bisa diandalkan menunjang keadilan sosial  khususnya di kalangan umat Islam.Wakaf  juga mempuyai peranan  penting dalam membangun peradaban manusia.[1] 

Hal ini telah di buktikan dalam sejarah Islam abad pertengahan,yang jejak keagunganya masih dapat di saksikan di negeri-negeri Muslim, seperti Turki dan Mesir.[2]

 Wakaf juga sudah tidak asing lagi di kalangan dunia Islam, keberadaan  wakaf   digunakan dalam bentuk tanah, gudung, rumah sakit, jembatan asrama, persediaan air untuk umum dan sebagainya. [3] 

Pemanfaatan tersebut dilihat dari segi sosial khususnya untuk kepentingan  peribadatan  memang efektif, tetapi dampaknya kurang berpengaruh positif dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Apabila peruntukan wakaf hanya terbatas pada hal-hal di atas tanpa diimbangi dengan wakaf yang dikelola secara produktif, maka kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat yang diharapkan dari lembaga Wakaf, tidak akan dapat terealisasi secara optimal, sesungguhnya peranan wakaf di samping instrumen-instrumen ekonomi Islam lainnya seperti zakat, infaq, sedekah dan lain-lain belum dapat dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di bidang ekonomi. 

 Wakaf bisa dijadikan sebagai lembaga ekonomi yang potensial untuk dikembangkan selama bisa dikelola secara optimal, karena institusi perwakafan merupakan salah satu aset yang berharga dari aspek sosial yang perlu mendapat perhatian sebagai  penopang hidup. 

Oleh karena itu, wakaf perlu mendapat perhatian ekstra, apalagi wakaf  pada umumnya berbentuk benda yang tidak bergerak dan tidak dikelola secara produktif dalam arti hanya digunakan untuk masjid, madrasah, pantai asuhan, pondok pesantren, dan pekuburan. Sedikit sekali yang  di salurkan untuk kegiatan ekonomi   produktif.

[4] Namun   terjadi  perubahan yang sangat besar di dunia Islam terhadap paradigma wakaf ini.  Salah  satu  pembahasan yang mengemuka adalah wakaf uang.

 Munculnya pemikiran wakaf  tunai (uang) yang dipelopori oleh M.A. Mannan, seorang ekonom yang berasal dari Bangladesh pada dekade ini merupakan momen yang sangat tepat untuk mengembangkan instrumen wakaf untuk membangun  kesejahteraan umat. Paling tidak dengan wakaf uang, minimal ada 4 (empat) manfaat utama yaitu: [5]

Wakaf uang jumlahnya bisa bervariasi, sehingga seseorang yang memiliki dana terbatas sudah bisa mulai memberikan dana wakafnya tanpa harus menunggu menjadi tuan tanah terlebih dahulu:

Wakaf uang jumlahnya bisa bervariasi, sehingga seseorang yang memiliki dana terbatas sudah bisa mulai memberikan dana wakafnya tanpa harus menunggu menjadi tuan tanah terlebih dahulu:

Melalui wakaf uang, aset-aset wakaf yang berupa tanah-tanah kosong bisa mulai dimanfaatkan dengan pembangunan gedung atau diolah untuk lahan pertanian:

 Dana wakaf uang juga bisa membantu sebagian lembaga-lembaga Pendidikan Islam yang cash flow-nya terkadang kembang-kempis dan menggaji Civitas Akademika alakadarnya.

Wakaf uang juga mempunyai peluang untuk terciptanya  investasi bidang keagamaan, pendidikan, dan pemberdayaan sosial. [6] Dengan demikian wakaf uang dianggap sebagai sumber dana yang sangat bisa diandalkan untuk mensejahterakan masyarakat terutama di  dunia Islam, Namun kemiskinan dan pengangguran adalah masalah yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia ini, tanpa terkecuali. Bahkan  negara maju sehebat Amerika dan Rusia mengalami hal serupa. 

Untuk mengatasi dua permasalahan ini dibutuhkan perhatian khusus dan ide yang cemerlang, sehingga kemiskinan  dan pengangguran bisa terkurangi sedikit demi sedikit. 

Perlu  kita akui, bahwa institusi yang dikenal sebagai pemain inti dalam sejarah dunia Islam adalah wakaf. Hal-hal dasar yang telah diberikan  oleh wakaf adalah pendidikan, kesehatan, dan sandang pangan. Wakaf memiliki karakter yang sama dari segi bahwa pada umumnya berasal dari orang yang mampu dan diperuntukkan bagi orang yang tidak mampu (miskin). wakaf juga memiliki sejarah dalam membangun peradaban Muslim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6