Mohon tunggu...
Fajar Efendi Daulay
Fajar Efendi Daulay Mohon Tunggu... Guru SMKN 7 Medan

Seorang anak muda yang mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan. Merupakan seorang guru pemasaran di SMK Negeri 7 Medan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menjadi Seorang Pemenang Olimpiade Guru Nasional

7 Agustus 2018   16:04 Diperbarui: 7 Agustus 2018   16:20 565 0 0 Mohon Tunggu...

Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan wahana bagi guru SMA/SMK/SMALB untuk menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik dan memotivasi guru SMA/SMK/SMALB dalam rangka peningkatan kompetensi agar mampu meningkatkan mutu pendidikan. 

Mata pelajaran yang dilombakan dalam Olimpiade Guru Nasional (OGN) pada tahun 2018 adalah Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Bimbingan dan Konseling, Seni Budaya, Antropologi, Prakarya dan Kewirausahaan, dan Matematika untuk guru SMA/SMK/SMALB.

Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 3 Mei s.d. 7 Mei 2018 di Mataram Nusa Tenggara Barat. Khusus mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK/SMALB diperoleh hasil sebagai berikut : Pemenang I dimenangkan oleh Yunis Eka Putra dari SMA Negeri 12 Sijunjung Provinsi Sumatera Barat; Pemenang II dimenangkan oleh Dian Isyarini Pemiluwati, SP, MP dari SMK PP Negeri 1 Tegalampel Provinsi Jawa Timur dan Pemenang III dimenangkan oleh Fajar Efendi Daulay, S.Pd, M.Pd dari SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara.

Perjuangan untuk memperoleh pemenang III tidak mudah. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor antara lain sebagai berikut :

  • Penulis bukanlah guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
  • Kondisi ini sungguh menyulitkan karena penulis tidak mengetahui secara pasti silabus mana yang digunakan di kurikulum 2013 edisi revisi. Selain itu, penulis tidak mengetahui secara detail tentang materi Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan tersebut.
  • Penulis mendapatkan tugas belajar mulai dari tahun 2015 s.d. tahun 2017.
  • Sejak terpilih menjadi penerima beasiswa S2 AP Kepengawasan di UNIMED. Penulis tidak mengajar selama dua tahun sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2017. Kondisi ini mempersulit penulis dalam hal praktik mengajar.
  • Penulis belum pernah mengikuti diklat Kurikulum 2013.
  • Perubahan kurikulum dari Kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 membawa perubahan yang sangat siginifikan dalam hal proses pembelajaran yaitu perubahan dari Teacher Centered menjadi Students Centered. Perubahan ini berdampak pada perubahan perangkat pembelajaran. Kondisi ini mempersulit penulis dalam menyusun perangkat pembelajaran.
  • OGN Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan merupakan kumpulan dari beberapa juara nasional.
  • Munculnya nama-nama seperti Itok peraih medali emas dari Jawa Timur, Yunis Eka Putra peraih medali emas dari Sumatera Barat dan banyak nama-nama lainnya yang sudah malang-melintang di dunia OGN bergabung di OGN Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan sempat membuat penulis jatuh mental.

Persiapan OGN

Selama masa persiapan, penulis lebih banyak berdiskusi dengan sesama finalis OGN Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Tidak adanya silabus, RPP dan buku Prakarya dan Kewirausahaan menyebabkan penulis lebih aktif dalam diskusi. Diskusi dilakukan dengan Mr. Itok, Yunis, Juni dan beberapa finalis lainnya sehingga penulis mendapatkan gambaran tentang mata pelajaran tersebut.

Selain itu, penulis juga harus mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan ketika praktik mengajar dilaksanakan. Adanya bidang-bidang sepserti rekaya, pengolahan, kerajinan dan budi daya membuat penulis sangat kebingungan. Namun, sebuah ide mucul ketika anak pertama sedang bermain kotak sebuah makanan. Maka penulis putuskan untuk menjadikan kotak kemasan sebagai alat peraga ketika ujian OGN berlangsung.

Ujian OGN

Ujian dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2018 pukul 14.00 WIT. Ujian yang pertama dilaksanakan adalah ujian tentang wawasan kependidikan dan diikuti dengan ujian kompetensi professional. Ujian wawasan kependidikan dilakukan dengan tes on line. Penulis memperoleh nilai 61 untuk tes wawasan kependidikan. Sedikit kritik tentang soal wawasan kependidikan adalah peraturan-peraturan yang ditanyakan adalah peraturan-peraturan yang sudah lama seperti peraturan tentang angka kredit guru, Standar Nasional Pendidikan.

Ujian kompetensi professional dilakukan dengan tes tertulis dalam bentuk essay. Penulis sengaja memilih soal-soal kategori sulit untuk dikerjakan. Pengalaman penulis sebagai guru pemasaran cukup membantu dalam mengerjakan soal-soal essay seperti menyusun bussines plan, pelayan purna jual.

Keesokan harinya, tanggal 4 Mei 2018 dilaksanakan ujian penyusunan perangkat pembelajaran dan praktik mengajar. Semua kontestan menampilkan kemampuan terbaiknya. Penulis mendapat kesempatan praktik mengajar di hari berikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN