Mohon tunggu...
Faidi AR
Faidi AR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Adalah makhluk yang terlahir dari ujung timur pulau garam Madura.

Proses dari kecil untuk suatu yang besar

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Tentang Rasa

13 Juli 2022   00:01 Diperbarui: 13 Juli 2022   00:04 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Aku tak tahu mengucapkan kata selamat apa kepada kalian. Selamat pagi, siang, sore, atau kah malam? Tapi aku akan mengucapkan kata selamat yang sesuai dengan waktu yang ada di tempatku saja. Selamat sore. Di tempatku sekarang sore.

Dan aku tahu, saat membaca cerita ini, di tempat kalian mungkin saja sedang malam, pagi, atau bahkan sore hari. Di tempatku saat memulai cerita ini sebenarnya sedang senja, tepat pukul 17.00. Matahari tengah beranjak tenggalam di kaki cakrawala. Sayangnya, tak nampak keindahannya karena terhalang oleh gumpalan awan  yang menutupinya. Hanya menyisakan semburat kemerahan yang  terpadu dengan coklatnya langit desa kecilku ini. Persawahan yang terbentang dengan padi-padi yang mulai kekuning-kuningan melengkapi keindahan warna senja yang mulai beranjak tenggelam di kaki cakrawala.

Burung-burung berterbangan di atas sana. Ombak dan sekaligus desirnya angin begitu indah didengar, melengkapi keindahan senja. Senja yang yang indah, bukan? Aku suka matahari saat mulai teggelam , terutama Nayla. Nayla sangat suka dengan senja. Hampir tiap sore ia mengunjungi pantai hanya untuk sekedar melihatnya. Aku suka senja saat pertamakali Nayla mengajakku menemaninya di bibir pantai. Apa lagi di saat sepasang mata Nayla mulai mengarah kepada senja. Aku suka senja karena sepasang matanya. Dan Nayla tak pernah tahu saat itu, kalau aku suka sepasang mata Nayla. Dan sekarang, aku tak lagi menemani Nayla melihat senja itu lagi di pantai.
Pada saat itu juga, terlihat jelas sekali saat keindahan sepasang matanya dari samping, saat Nayla memintaku untuk melukis dirinya. Beberapa lembar rambutnya tertiup angin menutupi separuh wajahnya, dan semakin indah pula saat senyumannya mulai merekah. Lengkap sudah keindahan sore sekarang.

Aku kenal Nayla karena temanku, Anton. Anton adalah pekerja kantoran yang luwes, pintar, cerdas, dan jujur. Berbeda denganku, aku hanyalah pelukis jalanan. Aku sudah dua tahun berjalan mengenal Nayla, dan dua tahun pula menemani Nayla hanya untuk menykasikan matahari tenggelam itu. Sedangkan Anton, ia hanya sibuk dengan kantornya. Hanya di hari-hari libur Anton ikut menyaksikannnya.
"Kau tahu, Nay, kalau aku memiliki banyak rasa terhadapmu? Rasa suka, kagum, dan bahkan cinta. Entah, aku tak pernah memahami perasaan ini, Nay."

Lirihku dalam hati sembari tersenyum tipis melihatnya. Tapi Nayla tak pernah tahu tentang rasa ini.

###

Tanggal merah pun tiba. Aku mengajak Anton menemani Nayla untuk menyaksikan matahari tenggelam di kaki cakrawala. Anton berantusias sekali di tanggal itu.

Langit yang cerah. Bertepatan pada jam 17.15 matahari siap menghantamkan ke kaki cakrawala. Desir ombak menyambut kehadiran senja. Menari-nari. Burung-burung beterbangan kembali ke sarangnya. Lengkap sudah keindahan senja sore hari ini. Tak ada gumpalan awan yang menghalangi keindahan senja. Semburat cahaya senja mengarungi ke seluruh penjuru.
"Nay, aku mencintaimu."

Entah, pembicaraan itu tak pernah terjadi antara aku dan Nayla. Hanya sebatas angan-angan saja. Kalimat itu tak pernah sampai ke telinga Nayla. Angin terlalu lebat untuk membiarkannya sampai, mungkin. Atau karena aku saja yang tak pernah berani menyampakaikan?
"Kau tahu, Nay? Saat kau jauh dariku, sejauh mata memandang, aku tak pernah mengalihkan pandaganku selama kau masih terlihat. Mataku terus mengikuti gerak-gerikmu, tapi kau tak pernah tahu tentang itu. Kau seakan-akan merayuku dari sorot mata indah mu, walau kau dalam keadaan tidak merayuku."

Aku tersenyum getir saat itu. Di saat Nayla memintaku agar aku melukiskannya dari kejauhan dengan matahari yang siap menghunjamkan tubuhnya di dasar laut. Di saat itu pula lah Anton datang kepada Nayla dan menyibakkan keindahan senja itu dan menyatakan perasaannya kepada Nayla.

"Nay." panggil Anton kepada Nayla. Nayla pun menoleh sedikit bingung.
"Mungkin kau akan beranggapan kalau ini terlalu apalah. Mungkin kau akan merasa tak nyaman saat ini. Mungkin kau menganggapku terlalu berlebihan, egois, atau semacamnya. Aku tahu kalau aku tak begitu sering menemanimu di sini hanya untuk menyaksikan matahari yang hendak beranjak tenggelam di kaki cakrawala. Aku hanya sibuk dengan dunia kantorku. Tapi, aku tak tahan ingin mengungkapkan rasa yang selama ini sering bertanya-tanya." Anton tersenyum tipis."
Sayangnya percakapan ini nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun