Mohon tunggu...
Enny Ratnawati
Enny Ratnawati Mohon Tunggu... Lainnya - penulis lepas,blogger

Enny ratnawati -- Mantan jurnalis -- writerpreneur dan social worker :) Contact me : ennyra23@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Otentikasi dan Digitalisasi Pensiunan

23 Agustus 2022   12:10 Diperbarui: 29 Agustus 2022   08:09 153 15 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi pensiunan (foto: kompas.com)

Digitalisasi bukan hanya milik yang muda-muda. Pensiunan juga dianggap harus beradaptasi dengan digitalisasi. Misalnya melalui proses otentikasi.

Ada yang sama pengalaman dengan ibu saya (pensiunan PNS - 72tahun)? Tiap bulan pasti ribut soal otentikasi dana pensiun beliau. Dan untuk usia 72 tahun,tentu saja tak mungkin ibu saya melakukan proses otentikasi pensiunannya seorang diri.

Walaupun aplikasinya sudah diinstal di smart phone-nya tetap saja tiap bulan harus diajarkan kembali cara penggunaannya. Meskipun sudah tiap bulan pula di beri tahu caranya tetap saja tiap bulan harus diberi petunjuk lagi penggunaan aplikasinya.

Apalagi usia lansia tentu sudah sangat susah memahami sebuah aplikasi, termasuk aplikasi perbankan untuk pensiunan ini.

Pengalaman yang sama dialami oleh orang tua teman saya. Walau banknya berbeda dengan ibu saya, tetap saja otentikasi harus dibantu sang anak.

Apalagi beliau yang pensiunan polisi sudah berusia 80 tahun-an, tentu saja sangat sulit untuk melakukannya seorang diri. Walaupun biasanya pengambilan uangnya di lakukan di kantor pos, prosesnya sudah dilakukan di rumah bersama sang anak.

Normalnya otentikasi ini dilakukan sekitar 10 menitan saja. Cuma kalau kasus ibu saya, biasanya tak mau kita yang melakukan jadi beliau merasa mau belajar sendiri hehe

Dan hasilnya, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit an. Itu juga bila tak ada kendala mulai jaringan internet sampai aplikasi yang error. Bila memang gagal terus, ya akhirnya harus diulang di lain waktu.

Untuk bank penyedia pensiun ibu saya, otentikasi bisa dilakukan di rumah bersama anggota keluarga atau kadang-kadang petugas bank juga datang ke rumah-rumah dan bertanya apakah sudah otentikasi atau belum.

Selain itu otentikasi bisa juga dilakukan bersama satpam bank ketika mau mengambil uang di bank.

APA ITU OTENTIKASI ?

Otentikasi sendiri arti dasarnya adalah idetifikasi. Untuk kontenks pensiunan, otentikasi pensiunan dapat diartikan cara identifikasi yang memudahkan pensiunan melakukan pembuktian fisik pembayaran hak pensiunan hanya dengan mengarahkan kamera smarphone pada wajah peserta, tanpa harus datang ke kantor mitra bayar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan