Mohon tunggu...
Eleksio Pattiasina
Eleksio Pattiasina Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Life is Short

Berbagi selama hidup di dunia dan berkarya selama masih bisa menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Akhirnya, Positif Juga...

10 Februari 2022   18:41 Diperbarui: 10 Februari 2022   18:52 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Alodokter

                 Judul tersebut merupakan balasan chat dari istri saya Ketika mendapati saya positif Covid19, dan tak lama kemudian hasil tes menunjukkan bahwa istri saya juga positif Covid19. Tak dapat disangkali bahwa Pandemi Covid19 tak kenal lelah menunjukkan taringnya, bahkan bagi saya dan istri yang sudah dipersenjatai Vaksin Sinovac dosis kedua. Tampaknya pernyataan Presiden Joko Widodo tahun 2021 ada benarnya, bahwa pada akhirnya kita harus hidup berdampingan dengan virus ini. Berdampingan bukan berarti selalu baik ya, seperti relasi apapun dalam hidup ini.

                Pastinya, ada saja persoalan yang semakin memperkuat relasi tersebut. Sama halnya Ketika kita hidup berdampingan dengan Covid19. Pada awalnya saya menyangkal ketika mengetahui bahwa saya Positif terpapar Covid19. Pertanyaan yang terngiang-ngiang di pikiran saya, virus ini darimana?, apakah di waktu sebelumnya saya pernah kontak dengan orang yang terpapar Covid19?, dan seterusnya. Akhirnya, setelah bergelut dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya menyadari bahwa ada banyak hal yang benar-benar tidak kita ketahui atau pahami, dan tidak akan pernah bisa kita pahami. 

               Singkatnya, ketika kita menyadari selalu saja ada hal yang berada di luar jangkauan dan kendali kita, berarti itu pertanda yang baik karena kita menyadari kerapuhan yang ada dalam diri kita. Sekarang, yang menjadi pertanyaan pamungkas untuk kita renungkan bersama. Apakah kita harus selalu mencari kambing hitam dan mencari kesalahan ketika kita hidup berdampingan dalam relasi apapun, termasuk juga dengan Covid19. 

              Tak ayal, ini juga yang menjadi pergumulan saya ketika menyangkali hasil tes tersebut. Khususnya, ketika sedang menjalani masa Isolasi Mandiri di rumah. Semakin saya menyangkalinya, semakin saya tidak merasa damai sejahtera. Namun, ketika saya menerima suatu hal tertentu yang tidak saya ketahui, bahkan juga tidak perlu untuk mengetahuinya. Maka, hati ini akan terasa lega, karena ada INVISIBLE HAND yang menopang kami dalam melewati hal ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun