Mohon tunggu...
Berlianda Edrarosa
Berlianda Edrarosa Mohon Tunggu... Mahasiswa - babe17

Mahasiswa Rantau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman "Unik" Menggunakan Media Konvensional dan Media Baru (New Media)

30 Maret 2021   23:56 Diperbarui: 31 Maret 2021   00:46 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Haloo...

Perkenalkan saya Berlianda Edrarosa,saya berasal  dari Pekanbaru Provinsi Riau.Saya merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiayah,Universitas Ahmad Dahlan yang berada di Provinsi Daerah Istimewa,Yappsss..kota Pelajar,kota Istemewa,kota Ternyaman yaitu kota Yogyakarta.

Oh iya..saya akan bercerita sedikit kenapa saya mengambil jurusan Ilmu Komunikasi.baiklah,Alasan saya memilih program studi  ilmu komunikasi dikarenakan saya hobi dibidang visual,selain itu,Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang tidak akan termakan oleh waktu,dimanapun dan kapanpun komunikasi tetap akan dibutuhkan.Prospek lulusan Ilmu Komunikasi sangat luas dan kerja di dunia media terbuka,mulai dari media televisi, radio, koran hingga digital membutuhkan Sarjana Komunikasi.

Baiklah teman-teman,saya akan bercerita pengalaman pribadi saya saat menggunakan Media Konvesional ( Convetional Media) & Media Baru (New Media).apakah teman-teman sudah tau apa itu Media Konvesional dan Media Baru?hayuk kita cari tau terlebih dahulu teman!

Media Konvensional adalah media komunikasi yang telah ditemukan terlebih dahulu sebelum media baru. Media konvensional biasa digunakan untuk mengirimkan atau menerima pesan dan informasi kepada masyarakat luas.

Setelah berkembangnya media komunikasi konvensional, kemudian muncul new media.New media adalah media komunikasi yang menggunakan internet dan teknologi digital atau komputer sebagai alat pengoprasiannya.New media ini tercipta dan berkembang setelah terjadi kemajuan pesat dalam teknologi komunikasi, khususnya pada teknologi digital atau komputer dan internet(Dikutip dari Wikipedia).  

Oke..sekarang teman-teman sudah tau apa itu media konvesional dan media baru,nah saatnya saya bercerita pengalaman saya saat menggunakann media konvesional dan media baru.Baiklah teman-teman sekalian,pengalaman saya menggunakan media konvesional,saat saya duduk disekoah dasar(SD),pada zaman itu sebelum adanya media baru,untuk mencari sebuah informasi saya harus membaca media cetak seperti,koran dan majalah.

Nah pada saat itu yang saya suka yaitu mencari informasi terbaru atau hanya sekedar membaca melalui surat kabar diterbikan oleh RiauPOS,KoranMX dan TribunPekanbaru menjadi surat kabar yang favorit bagi saya.uniknya pada saat itu,entah kenapa saya begitu senang membaca surat-surat kabar,karena ada di bagian halaman tertentu meng-iklankan produk seperti iklan otomotif,iklan properti,iklan obat-obatan,atau iklan penyediaan jasa dan masih banyak iklan lainnya,tetapi yang saya sangat senangi yaitu membaca iklan-iklan seputar otomotif,dikarenakan saya hobi  tentang otomotif sejak saya kecil.

Selain itu,Bapak saya juga pernah menggunakan surat  kabar sebagai media cetak untuk meng-iklankan mobil beliau untuk  dijual kembali setelah dipakai beberapa tahun.saat itu saya diajak pergi oleh Bapak saya  ke salah satu kantor media cetak yang ada di Pekanbaru,seingat saya pada zaman itu prosedur untuk meng-iklankan produk/jasa yang akan dijual di media cetak yaitu seperti ini;

1.Penjual datang kekantor media cetak tertentu,

2.Penjual diarahkan melakukan pembayaran,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun